Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Terbaru Mengenai Calon Pembeli Mobil di Indonesia

Kompas.com - 28/03/2018, 08:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Google Indonesia mengumumkan riset terbaru yang dilakukan bersama TNS perihal kebiasaaan yang kini dilakukan calon pembeli mobil di Indonesia. Riset yang dilakukan Google Indonesia dan TNS dilakukan pada pertengahan 2017.

Riset melibatkan sekitar 506 responden pengguna internet calon pembeli mobil baru. Responden yang dipilih sudah mempertimbangkan jenis kelamin berdasarkan populasi, maupun pengguna yang terbagi atas 70 persen pengguna smartphone dan 30 persen pengguna desktop.

Baca juga : Video Online Jadi Referensi Sebelum Membeli Mobil Baru

Dari hasil riset yang dilakukan, Google Indonesia menyatakan menemukan fakta-fakta terbaru mengenai calon pembeli mobil di Indonesia. Fakta tersebut yakni:

  • Meningkatnya pencarian informasi secara mobile dan online. Kini calon pembeli mobil yang terhubung dengan internet sudah mencapai 85 persen. Meningkat dibanding tahun 2016 yang masih ada di angka 73 persen.
  • Meningkatkannya calon pembeli yang menggunakan internet untuk menemukan diler. Kini jumlahnya mencapai 63 persen. Meningkat dibanding tahun 2016 yang masih di angka 52 persen.
  • Meningkatnya calon pembeli yang mau membeli mobil secara online. Kini jumlahnya mencapai 63 persen. Meningkat dibanding tahun 2016 yang masih di angka 49 persen.
  • Meningkatnya dorongan untuk menonton video sebelum membeli mobil. Kini jumlahnya mencapai 59 persen. Meningkat dibanding tahun 2016 yang masih di angka 46 persen.

Honda BR-V saat menaklukkan tanjakan Monteng, Kamojang.HPM Honda BR-V saat menaklukkan tanjakan Monteng, Kamojang.

Selain keempat fakta fakta tersebut, hasil riset Google dan TNS menyebutkan ada lima langkah yang kini dilakukan pembeli mobil masa kini sebelum memutuskan membeli. Dari hasil riset tersebut, disebutkan 74 persen calon pembeli membutuhkan waktu hingga dua bulan untuk menjalani lima langkah tersebut.

Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho menyebut mobil memang dianggap invetasi besar. Dua bulan merupakan jangka waktu yang diniai cukup untuk menggali berbagai informasi terkait mobil yang ingin dibeli.

"Membeli sebuah mobil baru merupakan investasi besar. Tidak mengherankan jika orang Indonesia akan membutuhkan waktu yang cukup untuk menentukan mobil yang akan dibeli," kata Yudhistira di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com