Cerita Jelajah Jakarta-Serpong dengan All New Daihatsu Sirion (1)

Kompas.com - 27/03/2018, 09:22 WIB
Daihatsu Sirion generasi ketiga.ISTIMEWA Daihatsu Sirion generasi ketiga.

Jakarta, KOMPAS.com – Daihatsu Sirion di dalam negeri sudah menapaki usia lebih dari 10 tahun, sejak pertama dipasarkan pada 2007 lalu. Saat ini mobil kota tersebut, sudah berwujud generasi ketiga dan baru meluncur 13 Februari 2018 lalu.

Memang, salah satu model Daihatsu ini bukan anak asli lokal, tapi datang dari Malaysia dan diimpor sekitar 200 unit tiap bulan. Namun, antara model di sana dan di sini disebut hampir sama, alias tak berbeda jauh.

Setelah beberapa waktu meluncur, redaksi Kompas.com mendapat kesempatan menjajalnya dalam kegiatan test drive Daihatsu, Kamis (15/3/2018). Di mulai dari PT Astra Daihatsu Motor-Vehicle Logistic Center, Sunter, Jakarta, berlanjut ke flagship outlet Daihatsu di Astra Biz Center BSD, kemudian kembali lagi ke lokasi awal. Total jarak yang ditempuh mencapai 150-an kilometer.

Kesan Pertama

Mendapat jatah mengemudi urutan kedua, di mulai dari Museum MACAN Jakarta Barat, kesan pertama yang terasa adalah bunyi pintu saat ditutup cukup berkelas, tak seperti yang biasa orang-orang sebut “kaleng” dan enak didengar telinga.

Bangku berbahan fabric punya desain cukup pas di punggung, dan berharap tak membuat tubuh cepat lelah saat menemani perjalanan jauh. Mengakomodasi posisi duduk yang pas, kursi bisa disesuaikan secara manual lewat handle di bawah jok sisi depan untuk mendekatkan atau menjauh dari kemudi.

Baca juga : Harga All-New Sirion Naik Rp 15 juta

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Desain interior baru terorientasi untuk pengemudi.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Desain interior baru terorientasi untuk pengemudi.

Sudut sandaran juga dapat disesuaikan, sekaligus tinggi rendahnya kursi, yang tuas pengaturannya di samping kanan jok. Kemudian setir memiliki fungsi tilt (naik turun), tapi belum mengadopsi teleskopik.

Kabin depan punya ruang cukup luas, begitu juga seperti komentar rekan media yang duduk di kursi baris kedua. Memang, dari data spesifikasi, Sirion terbaru ini punya dimensi lebih besar dari sebelumnya, dengan ukuran bodi panjang 3,895 m, lebar 1,735 m, dan tinggi 1,525 m.

Genggaman tangan pada lingkar kemudi juga pas, dengan balutan bahan leather yang di-stitching, tak begitu licin saat dioperasikan. Ditambah lagi dengan adanya tombol-tombol pengatur audio, semakin membuat posisi pengemudi semakin ergonomis.

Duduk di kursi pilot, pandangan ke depan dari dalam Sirion terbilang cukup baik, meski redaksi Kompas.com sedikit terganggu dengan pilar A di sebelang kanan. Namun itu tak jadi masalah berarti, dan berkemudi masih dalam kondisi aman dan nyaman.

Baca juga : Panduan Tes Singkat buat yang Minat Daihatsu Sirion

Adaptasi Sejenak

Dibanding dengan mobil-mobil merek Jepang lainnya yang diproduksi di dalam negeri, Sirion ini sedikit berbeda. Tentu saja butuh penyesuaian sejenak, tapi jangan khawatir karena memang tak terlalu sulit, hanya posisi beberapa tombol saja yang terasa baru.

Halaman:



Close Ads X