Datsun Go Cross Punya CVT Gres, Apa itu?

Kompas.com - 19/03/2018, 09:02 WIB
CVT Datsun Cross diklaim pertama yang punya sub planetary gear. KOMPAS.com/FEBRI ARDANICVT Datsun Cross diklaim pertama yang punya sub planetary gear.

Jakarta, KOMPAS.com – CVT pada Datsun Cross diklaim gres, pertama di dunia yang memiliki komponen sub planetary gear. Fungsi komponen itu semakin memperlebar jangkauan rasio kerja CVT.

Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co Ltd, menjelaskan guna komponen itu dalam analogi sepeda yang punya roda gigi di depan dan belakang. Ibaratnya, kedua roda gigi itu adalah kedua pulley pada sistem CVT.

Biasanya, jelas Kawai, sepeda hanya punya satu roda gigi depan dan, misalnya, lima roda gigi di belakang. Itu berarti sepeda itu punya 5-percepatan yang bisa dipilih pesepeda sesuai kondisi jalan.

Nah, sub planetary gear merupakan tambahan pada roda gigi depan sehingga jumlahnya menjadi dua. Bila dipadukan dengan lima roda gigi belakang, maka pesepeda mendapatkan opsi total 10-percepatan

“Jadi lebih luas, rasionya bisa sangat rendah atau sangat tinggi. Cakupan gigi jadi lebih luas, seperti sepeda,” kata Kawai.

Baca: Setelah Cross, GO dan GO+ Pakai CVT Juga?

Penjelasan Xtronic CVT Datsun Cross. KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Penjelasan Xtronic CVT Datsun Cross.

CVT Datsun Cross mempunyai rasio 7.3:1 yang dikatakan ada di level terbaik pada transmisi otomatis. Perbandingannya, pada model premium transmisi A/T 8-percepatan punya rasio 7,1:1. CVT yang digunakan pada Cross sama seperti dipakai generasi baru Nissan March yang belum meluncur di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X