Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2018, 18:52 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Anda pernah beli jaket biker yang dikatakan penjual anti-air, namun setelah beberapa kali pakai khasiatnya hilang? Bisa jadi Anda terkecoh karena jaket itu bahannya water repellent bukan waterproof.

Water repellent umumnya dibuat dari menyemprotkan bahan kimia tertentu ke permukaan luar jaket biker, aplikasi itu sama seperti membuat kulit sepatu jadi anti-air. Kain water repellent tidak bertahan lama, kekuatannya menangkis air akan hilang seiring pemakaian.

“Kalau berapa lama kekuatan water repellent tidak bisa ditentukan waktu karena tergantung pemakaian kita. Misalnya dipakai tiap hari, dicuci, itu ada kemungkinan rusak. Semakin sering dipakai, kena panas atau kena air, semakin cepat mengurangi tingkat water repellent,” jelas Erna, Product Research merek apparel lokal Inventzo pada Januari lalu.

Baca: ?Apparel? Lokal Baru, Harga Jauh Murah Ketimbang Merek Asing

Jaket buatan lokal, merek Inventzo.KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Jaket buatan lokal, merek Inventzo.

Cara perawatan

Buat mendapat khasiat water repellent yang hilang caranya disemprot lagi. Namun, ada triknya juga agar menjaga kekuatannya tidak cepat hilang.

Menurut Erna saat mencuci jaket water repellent sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut. “Bahkan kalau perlu pakai sampo. Pelembut justru jangan pakai, pemutih lebih jahat lagi. Sebenarnya paling ideal dicuci pakai air saja. Saat mengeringkan dianginkan, jangan disetrika,” ucap Erna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com