Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2018, 15:24 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Soekarno tercatat sudah pernah menggunakan berbagai merek mobil sebagai kendaraan dinasnya. Beberapa di antaranya kini dimiliki para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

Ditemui Kompas.com pada Senin (12/3/2018), salah satu dedengkot PPMKI, Tri Dharma menuturkan beberapa eks mobil dinas Bung Karno milik anggota PPMKI merupakan bagian dari 23 mobil yang dilelang oleh Sekretariat Negara pada 1988. Saat itu yang dilelang tidak hanya mobil dinas presiden, tapi juga mobil dinas operasional Lembaga Kepresidenan lainnya.

Baca juga : Cadillac Fleetwood, Mobil Dinas Terakhir Soekarno

Menurut Tri, dari beberapa mobil anggota PPMKI, enam diantaranya kini disimpan di galeri milik salah satu pendiri organisasi tersebut, Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Tri menyebut dari keenamnya, satu merupakan miliknya, sedangkan lima lainnya milik Hauwke.

Berikut daftar mobil-mobil tersebut beserta cerita di belakangnya:

1. Buick Super

Tri menyebut Buick Super merupakan satu-satunya mobil dinas Bung Karno yang posisi setirnya sudah ada di kanan. Mobil buatan Amerika Serikat ini juga tercatat pernah digunakan beberapa Perdana Menteri Indonesia saat era Demokrasi Liberal.

"Mobilnya ini juga dipakai Perdana Menteri, diantaranya Juanda dan Nasyir," ujar Tri.

Buick Super yang pernah digunakan Presiden Soekarno.Dokumentasi/Tri Dharma Buick Super yang pernah digunakan Presiden Soekarno.

 

2. ZIL Limo

ZIL merupakan salah satu mobil buatan Uni Soviet yang pernah digunakan Bung Karno. ZIL merupakan akronim dari Zavod Imeni Likhacheva. Di galeri Hauwke, body luar mobil ini tampak masih dibiarkan dengan kondisi cat mengelupas.

Mobil ZIL 111 yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya.Antara/Alviansyah Pasaribu Mobil ZIL 111 yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya.

 

3. Chrysler Windsor

Mobil buatan Amerika Serikat ini tercatat merupakan mobil yang dipakai Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung. Sebelum dipakai Bung Karno, mobil ini tercatat pernah digunakan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Chrysler Windsor yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Chrysler Windsor yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).

 

4. Chrysler Imperial

Mobil ini merupakan pemberian Raja Arab Saudi, Saud bin Abdulaziz Al Saud. Mobil ini pula yang tercatat pernah dilempari granat saat digunakan Bung Karno dalam sebuah kejadian yang dikenal dengan Peristiwa Cikini pada 1957.

Chrysler Imperial yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Chrysler Imperial yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).

 

5. Cadillac Series 70

Selama menjadi presiden, Bung Karno tercatat juga beberapa kali menggunakan mobil merek Cadillac, salah satunya Cadillac Series 70 lansiran 1954 warna hitam.

Cadillac Series 70 yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya.stephenlangitan.com Cadillac Series 70 yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya.


6. Lincoln Continental

Selain Cadillac dan Chrysler, mobil Amerika lainnya yang juga pernah digunakan Bung Karno adalah Lincoln Continental. Ini adalah mobil mewah yang diproduksi oleh Ford.

Lincoln Continental yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Lincoln Continental yang pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya saat disimpan di Hauwkes Auto Gallery. Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com