Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Bus “Hybrid” Tata Bakal Beroperasi di Kampung Halaman

Kompas.com - 18/03/2018, 11:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Mumbaik, KOMPAS.com – Produsen kendaraan penumpang dan komersial asal India, Tata Motors, resmi bekerja sama dengan Mumbai Metropolitan Region Development Authority (MMRDA), untuk menyuplai 25 bus hybrid.

Ini merupakan pesanan terbanyak yang diberikan pada satu produsen, untuk bus yang mengadopsi teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Nantinya MMRDA bakal menggunakan bus ini untuk menghubungkan wilayah Bandra Kurla Complex (BKC) ke stasiun kereta Sion.

Varian bus Tata Starbus Hybrid Electric Bus dikombinasi mesin diesel, dan dikembangkan secara lokal ini tergolong ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Teknologi hybrid-nya menawarkan biaya kepemilikan terendah.

Pemilk bisa menghemat penggunaan bahan bakar yang lebih baik 25 persen sampai 30 persen. Lalu pengurangan emisi yang berhasil dicapai, dibanding dengan bus konvensional sekitar 30 persen sampai 35 persen dari total jarak tempuh.

Baca juga : Tata Motors Mulai Menuai Panen

Bus Hybrid Tata Motors.TATA Bus Hybrid Tata Motors.

Ravi Pisharody, Direktur Eksekutif, Executive Director, Commercial Vehicle Business Unit, Tata Motors mengatakan, mereka mengaku terus berperan aktif dalam mendukung jutaan masyarakat setiap hari, dengan berbagai solusi produk di seluruh segmen, dan Tata Starbus Hybrid Electric Bus adalah salah satunya.

“Kami sangat senang bisa menjadi mitra MMRDA untuk 25 bus tersebut, untuk visi bersama tentang solusi transportasi hemat biaya yang berkelanjutan. Bersama electric mobility sebagai solusi untuk masa depan, kami akan menyesuaikan diri untuk mengejar potensi besar dari teknologi ini, di sini, di India," tutur Pisharody dalam siaran resminya, Sabtu (17/3/2018).

Sampai saat ini, ada setidaknya 10 armada bus hybrid Tata yang sudah beroperasi di kota Madrid, Spanyol dan kesemuanya juga telah menempuh lebih dari 1 juta km.  

Bus Tata Starbus Hybrid Electric yang akan beroperasi di Mumbai, India.TATA Bus Tata Starbus Hybrid Electric yang akan beroperasi di Mumbai, India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com