Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

California, KOMPAS.com – Produsen Jepang Honda kembali menambah jajaran model mobil ramah lingkungan berjenis hybrid, yang disematkan pada sedan menengah Accord. Produk ini meluncur pertama kali di Amerika Serikat (AS).

Accord Hybrid kini hadir dengan 5 varian, yaitu Hybrid, EX (baru), EX-L, EX-L Navi (baru), dan Touring. Banderol mulai dari 25.100 dolar AS (Rp 345 jutaan) hingga 34.710 dolar AS (Rp 478 jutaan), dilansir siaran resmi Honda, Jumat (16/3/2018). 

Honda menyematkan generasi ketiga mesin Two-Motor Hybrid Powertrain, dengan 2.0L DOHC i-VTEC Atkinson 4 silinder, dengan efisiensi termal 40 persen yang bisa menghasilkan torsi 232 lb.-ft dan tenaga 212 tk. Seperti sebelumnya, Honda Accord Two-Motor System beroperasi tanpa membutuhkan transmisi otomatis konvensional.

Untuk memaksimalkan energi, Honda Accord Hybrid menggunakan Deceleration Selectors. Fungsinya serupa dengan transmisi Paddle Shift, di mana sistem ini memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi kedalam 4 level berbeda, untuk memaksimalkan pengereman.

Baca juga : Honda Brio Raja ?City Car? Februari 2018

Honda Accord Hybrid 2017.HONDA Honda Accord Hybrid 2017.

Powertrain dari Honda Accord Hybrid beroperasi dengan melakukan perpindahan di antara 3 mode berkendara, yaitu EV Drive (100 persen tenaga berasal dari mesin listrik), Hybrid Drive (perpaduan tenaga dari mesin listrik dan mesin berbahan bakar) dan Engine Drive (100 persen tenaga berasal dari mesin berbahan bakar).

Honda Accord Hybrid versi terbaru memiliki beberapa keunggulan dengan wheelbase lebih panjang 2,6 inci, dan Intelligent Power Unit (IPU) 32 persen lebih kecil yang posisinya dipindah dari bagasi ke bagian bawah bodi, sehingga memungkinkan bangku belakang dapat dilipat 60/40. Mobil ini memiliki bagasi terlapang di kelasnya (16,7 kubik), kabin yang lega (122,3 kubik) dan ruang kaki sebesar 40,4 inci.

Hadirnya Honda Accord Hybrid menambah varian kendaraan listrik Honda, Clarity Fuel Cell, Clarity Electric dan Clarity Plug-In Hybrid, serta mobil sedan Honda Insight yang akan diluncurkan pada 2019 mendatang. Jajaran model ini mewakili generasi terbaru kendaraan Honda menuju visi global, untuk menguasai dua pertiga penjualan mobil listrik pada 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com