10 Motor Sport "Naked" Jadul Bahan Nostalgia

Kompas.com - 16/03/2018, 10:34 WIB
Beberapa motor bergaya Honda CB100 hasil modifikasi bengkel Central Classic Custom, Depok. Kompas.com/Alsadad RudiBeberapa motor bergaya Honda CB100 hasil modifikasi bengkel Central Classic Custom, Depok.
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Tren sepeda motor sport tanpa fairing (naked) ala motor zaman dulu kini tengah melanda. Selain memodifikasi motor masa kini menjadi motor jadul, efek dari tren tersebut adalah diburunya kembali motor-motor jadul yang masih dalam kondisi asli.

Kompas.com mencoba merangkum daftar motor sport naked jadul yang kini banyak diminati, berdasarkan keterangan beberapa bengkel modifikasi maupun agen tunggal pemegang merek (ATPM), seperti dari Yamaha dan Suzuki. Berikut daftarnya:

1. Honda CB100

Honda CB 100 merupakan salah satu varian CB Series yang eksis pada era 1970-an hingga awal 1980-an. Keberadaan motor ini belakangan banyak dicari. Beberapa bengkel modifikasi di Depok mengaku kerap menerima jasa restorasi CB 100 lawas.

Bagi yang tak kesampaian punya CB 100, ada pula yang meminta bengkel modifikasi untuk mengubah motornya menjadi bergaya CB 100. Pemilik bengkel Central Classic Custom, Nolavander mengatakan sudah sering menggarap motor masa kini yang diubah tampilannya bak CB100 ataupun jenis CB lawas yang lain.

Salah satu Honda Megapro yang sudah diubah menajdi bergaya CB100 hasil kreasi toko aksesori Central Classic Custom di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok, Selasa (27/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Honda Megapro yang sudah diubah menajdi bergaya CB100 hasil kreasi toko aksesori Central Classic Custom di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok, Selasa (27/2/2018).


2. Honda GL100

Honda GL100 merupakan motor sport Honda yang muncul setelah berakhirnya era produksi CB100. Seperti CB100, bengkel-bengkel modifikasi juga kerap menerima jasa restorasi motor ini.

Salah satu Honda GL100 lansiran 1985 yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.Dokumentasi/Central Classic Custom Salah satu Honda GL100 lansiran 1985 yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.


3. Yamaha RX-King

Inilah motor yang saat ini paling banyak dicari keberadaannya di diler-diler motor bekas. Mengusung mesin 2-Tak berkubikasi 135cc, RX-King banyak dicari karena mesinnya yang dinilai tangguh.

Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.


4. Yamaha RX-Z

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X