Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diserang Xpander, Daihatsu Belum Melawan

Kompas.com - 16/03/2018, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pasar otomotif di segmen multiguna bawah semakin ramai dengan masuknya petarung-petarung baru, seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Mereka mulai mengusik para pemain lama.

Khususnya Xpander, cukup fenomenal dengan penerimaan pasar yang membludak. Sampai-sampai melengserkan Toyota Avanza dari kursi “raja”, dan empat bulan lebih menunda ekspor demi memenuhi permintaan domestik terlebih dahulu.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyebutkan, kalau pihaknya sampai saat ini belum melakukan sesuatu, untuk benar-benar melawan Xpander. Daihatsu saat ini hanya baru meluncurkan Terios dan Rush sebagai satu langkah counter.

Baca juga : Avanza-Xenia Masih Jadi Favorit Pembeli dari Daerah

LMPV Januari-Februari 2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI LMPV Januari-Februari 2018 (diolah dari data Gaikindo).

“Kami saat ini belum melakukan sesuatu untuk melawan Xpander, tidak ada. Kami hanya mengeluarkan Terios dan Rush saja, itu kan segmen harganya mirip, biasanya dari situ yang kami anggap sebagai counter kami,” ucap Amelia, Kamis (16/3/2018).

Sejauh ini, kata Amel, pihaknya masih belum mengeluarkan Xenia maupun Avanza (versi terbarunya atau facelift dan lainnya). Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Xenia ada di angka 6.441 unit atau turun 7,14 persen.

Namun, dirinya menyebut kalau penurunan ini tidak karena Xpander, karena punya konsumen yang berbeda. “Dari awal , saya mengagumi Xpander yang mendapat respon luar biasa, tapi karena customernya berbeda, penjualan Xenia hampir sama dengan tahun lalu,” ucap Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com