Bengkel Resmi BMW Terima Mobil Importir Umum

Kompas.com - 15/03/2018, 10:22 WIB
Mekanik memeriksa mobil di BMW Fast Lane Services di layanan dealer BMW Thamrin di Jakarta, Kamis (25/1/2018). Dealer ini juga menyediakan layanan purna jual termasuk BMW Fast Lane Services yang mencakup perawatan rutin, dan proses pemesanan suku cadang yang terhubung ke BMW Group Indonesia Parts Distribution Center. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGMekanik memeriksa mobil di BMW Fast Lane Services di layanan dealer BMW Thamrin di Jakarta, Kamis (25/1/2018). Dealer ini juga menyediakan layanan purna jual termasuk BMW Fast Lane Services yang mencakup perawatan rutin, dan proses pemesanan suku cadang yang terhubung ke BMW Group Indonesia Parts Distribution Center.

Surabaya, KOMPAS.com – Mobil-mobil merek BMW yang beredar di Indonesia tidak semua berasal dari Agen Tunggal Pemegang Merek, BMW Group Indonesia. Sebagian kecil masuk ke dalam negeri lewat jalur importir umum.

Masalah di lapangan, tidak semua importir umum kuat soal layanan purna jual. Akibatnya ada konsumen yang terbengkalai, misalnya karena tidak bisa mendapat perbaikan mobil, membeli suku cadang yang dibutuhkan, atau jenis layanan kepemilikan mobil lainnya.

Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania menceritakan ada kejadian saat pemilik mobil BMW dari importir umum namun mencari layanan ke bengkel resmi BMW Indonesia. Cerita lainnya, ketika terjadi keadaan darurat, yang dihubungi konsumen adalah pihak BMW Indonesia.

Mobil-mobil dari importir umum tidak terdaftar di BMW Indonesia. Selain itu, karena negara asal impor mobil bisa dari mana saja, kerap spesifikasinya tidak sesuai dengan kondisi dalam negeri. Hal itu bisa menyulitkan layanan servis di bengkel resmi.

Mekanik memeriksa mobil di BMW Fast Lane Services di layanan dealer BMW Thamrin di Jakarta, Kamis (25/1/2018). Dealer ini juga menyediakan layanan purna jual termasuk BMW Fast Lane Services yang mencakup perawatan rutin, dan proses pemesanan suku cadang yang terhubung ke BMW Group Indonesia Parts Distribution Center.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Mekanik memeriksa mobil di BMW Fast Lane Services di layanan dealer BMW Thamrin di Jakarta, Kamis (25/1/2018). Dealer ini juga menyediakan layanan purna jual termasuk BMW Fast Lane Services yang mencakup perawatan rutin, dan proses pemesanan suku cadang yang terhubung ke BMW Group Indonesia Parts Distribution Center.

“Kami tidak bisa mendukung apapun yang dilakukan importir umum, tapi yang bisa kami dukung adalah konsumennya. Kalau terjadi apa-apa pada BMW yang mereka beli dari importir umum, tidak mungkin kami bilang tidak bisa, kami akan bantu menangani masalahnya,” kata Jodie, di Semarang, Selasa (13/3/2018).

Baca: Bila Pajak Sedan Turun, BMW Belum Tentu Makin Murah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesimpulannya, bengkel resmi BMW di Indonesia menerima mobil konsumen importir umum. Walau begitu konsumen mesti sabar sebab BMW Indonesia mungkin butuh waktu mempelajari apa saja kebutuhannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.