Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2018, 10:22 WIB
Azwar Ferdian

Editor

Banyuwangi, KOMPAS.com - Banyuwangi, kota yang berjuluk the Sun Rise of Java atau kota matahari terbit di Pulau Jawa ini menyimpan beragam potensi investasi. Pariwisata menjadi jagoan utama Banyuwangi buat mengundang para investor datang dan membangun wilayah di ujung timur Jawa ini.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), merasakan atsmosfer positif tersebut dan mulai mengembangkan jaringannya di Banyuwangi. MMKSI baru saja meresmikan diler kendaraan penumpang pertama di Banyuwangi, Mayangsari Berlian Motor, yang mendampingi diler kendaraan komersial di kota ini.

Suhardi Chandra, Presiden Direktur PT Mayangsari Berlian Motor, menjelaskan potensi pasar kendaraan penumpang di Banyuwangi, dimana pihaknya sangat optimis bisa bersaing ketat dengan merek lain yang sudah eksis.

"Awalnya kendaraan penumpang Mitsubishi di Banyuwangi ditopang oleh diler di Jember. Kami melihat potensinya sangat positif termasuk pengembangan pariwisata, hingga kami putuskan untuk berinvestasi di sini, dan mendirikan diler kendaraan penumpang Mitsubishi pertama di Banyuwangi," jelas Suhardi, Senin (12/3/2018).

Diler kendaraan penumpang Mitsubishi di BanyuwangiAzwar Ferdian/KompasOtomotif Diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Banyuwangi

Baca Juga: Mitsubsihi Buka Perwakilan di Ujung Timur Pulau Jawa

Suhardi menjelaskan, di Karesidenan Besuki yang meliputi Banyuwangi, Jember dan Situbondo, Banyuwangi menjadi wilayah dengan peluang penjualan terbesar. Pihaknya menargetkan penjualan kendaraan penumpang 50 unit per bulan di kota yang memiliki pelabuhan Ketapang ini.

Investasi yang digelontorkan Mayangsari Berlian Motor untuk membangun diler di kota ini mencapai Rp 25 miliar, sudah termasuk tanah dan bangunan. Dengan angka tersebut, Mayangsari Berlian berharap bisa mendapatkan pangsa pasar 27 persen, yang sebelumnya hanya 20 persen.

"Jagoan utama tentu saja Xpander dan Pajero Sport. Kami berharap pertumbuhan penjualan di Banyuwangi bisa sama dengan pertumbuhan Mitsubishi secara nasional," jelas Suhardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com