Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Konfirmasi Stop Evalia

Kompas.com - 13/03/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Kabar soal nasib MPV boxy Nissan Evalia di Indonesia sudah terang. Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi mengonfirmasi, kalau produknya tersebut sudah berhenti produksi dan dijual di Indonesia.

Ini seperti yang dikatakan oleh Head of Communication NMI Hana Maharani kepada Kompas.com, Senin (12/3/2018) malam. Dirinya menyebutkan juga kalau produksinya sendiri sudah dihentikan sejak awal 2018.

Sebelumnya, kecurigaan datang saat memantau situs resmi Nissan Indonesia, di mana model Evalia sudah tidak tertera lagi di daftar produk yang dijual di sini. Benar saja, ketika mengonfirmasi, pihak NMI mengiyakannya.

Meski begitu, Hana memastikan, terkait dengan layanan aftersales seperti servis dan suku cadang, masih tetap tersedia bagi konsumen pemilik Evalia.

Baca juga : Cerita Nissan Evalia Segera Berakhir di Indonesia?

Wholesales Nissan Evalia sejak 2012 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales Nissan Evalia sejak 2012 (diolah dari data Gaikindo).

“Kami sudah tidak produksi Evalia. Layanan purnajual untuk konsumen tetap continue untuk spareparts dan servis,” ujar Hana. Terkait dengan stoknya, Hana menyebut kalau unit Evalia di dealer seharusnya memang sudah habis.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Evalia terus menurun sejak pertama kali hadir di 2012. Dimulai dari 10.691 unit, kemudian berkurang hampir setengahnya pada 2013 yang hanya 5.934 unit.

Lalu pada 2014 lagi-lagi harus berkurang dan hanya memeroleh 2.945 unit. Penurunan tak terbendung di tahun-tahun berikutnya, di mana pada 2015 anjlok 77,59 persen atau menjadi 660 unit, 2016 minus 11,06 persen (578 unit), dan terakhir di 2017 hanya 17 unit. Sementara di Januari 2018, pasokannya masih kosong. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com