Pelanggar Ganji-Genap Bekasi Belum Dikenai Tilang

Kompas.com - 12/03/2018, 10:21 WIB
Salah satu mobil berpelat ganjil yang diminta putar balik di depan gerbang tol Bekasi Timur arah Jakarta pada hari pertama penerapan skema ganjil genap Tol Cikampek, Senin (12/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiSalah satu mobil berpelat ganjil yang diminta putar balik di depan gerbang tol Bekasi Timur arah Jakarta pada hari pertama penerapan skema ganjil genap Tol Cikampek, Senin (12/3/2018).
|

Bekasi, KOMPAS.com — Pada hari pertama diberlakukan aturan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Timur dan Barat, banyak pengguna mobil pribadi yang harus putar balik, khususnya pemilik pelat nomor ganjil. Sebab, Senin (12/3/2018) berlaku buat nopol genap mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Petugas polisi dan dishub yang berjaga di Gerbang Tol Bekasi Barat I memantau setiap nopol. Selama masa sosialisasi beberapa hari ke depan belum dilakukan tilang buat pelanggar lalu lintas.

"Harusnya memang kami mengambil tindakan penegakan hukum, tetapi pengemudi masih bisa putar balik," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa di Bekasi, Senin (12/3/2018).

Meski demikian, Royke berharap warga Bekasi akan terbiasa dengan aturan tersebut sehingga ke depan tidak ada penindakan dari petugas yang selalu berjaga di gerbang Tol Bekasi Timur dan Barat.

Baca juga: Sampai Kapan Ganjil-Genap Berlaku di Bekasi?

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana menambahkan, hari pertama hingga 23 Maret 2018 akan dilakukan sosialisasi sehingga mobil nopolnya tidak sesuai dengan tanggal ganjil-genap akan diarahkan untuk putar balik mencari jalan alternatif atau menggunakan angkutan umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi gerbang tol Bekasi Barat, Senin (12/3/2018) saat pemberlakuan pertama kebijakan ganjil genapKompas.com/Setyo Adi Kondisi gerbang tol Bekasi Barat, Senin (12/3/2018) saat pemberlakuan pertama kebijakan ganjil genap

"Target kami sampai 23 Maret 2018, setelah itu akan ada penindakan dari polisi sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Yayan di tempat sama.

Pantauan Kompas.com, Senin (12/3/2018) pagi sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, cukup banyak mobil pribadi yang diarahkan untuk putar balik di Gerbang Tol Bekasi Barat. Arus lalu lintas juga cukup lengang, tetapi sedikit terjadi kepadatan di jalan Ahmad Yani menuju Jalan Noer Ali, Kalimalang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.