Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari "Handgrip" Aluminium pada Motor, Bahaya!

Kompas.com - 12/03/2018, 08:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Semua pegangan atau handgrip setang asli sepeda motor biasanya berbahan dasar karet. Namun, cukup sering ditemui biker yang mengganti handgrip originaldengan yang berbahan metal atau aluminium.

Cukup mudah memang menemukan handgrip jenis ini di toko-toko aksesori motor. Handgrip jenis ini memang lebih unggul dalam hal penampilan, lebih menarik, karena punya beragam warna-warna yang mencolok.

Tetapi, Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menilai handgrip jenis ini relatif berbahaya karena tidak bisa menyerap keringat dari telapak tangan. Belum lagi ketika telapak tangan bercampur keringat atau berkendara saat hujan. Permukaan handgrip bakal licin, sehingga berpotensi membuat pengendara kesulitan mengendalikan buka tutup gas, sesuai kebutuhan.

Baca juga : Begini Posisi Benar Pegangan Behel Motor

Penggunaan handgrip alumuniumStanly/Otomania Penggunaan handgrip alumunium

"Jadi penggunaan handgrip seperti ini bisa memperburuk situasi ketika tangan pengendara berkeringat dan basah," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (11/3/2018).

Penggunaan handgrip berbahan alumium sah-sah saja untuk motor yang diikutsertakan di ajang kontes modifikasi. Namun Jusri menganjurkan jangan dipakai untuk motor yang dipakai di jalan raya. Untuk motor harian, pengguna disarankan tetap memakai handgrip asli yang berbahan karet.

"Handgrip alumium kalau untuk estetika sah-sah saja. Tapi untuk pengunaan motor harian sama sekali mengabaikan aspek safety dan kenyamanan," ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com