Kompas.com - 12/03/2018, 08:22 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Semua pegangan atau handgrip setang asli sepeda motor biasanya berbahan dasar karet. Namun, cukup sering ditemui biker yang mengganti handgrip originaldengan yang berbahan metal atau aluminium.

Cukup mudah memang menemukan handgrip jenis ini di toko-toko aksesori motor. Handgrip jenis ini memang lebih unggul dalam hal penampilan, lebih menarik, karena punya beragam warna-warna yang mencolok.

Tetapi, Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menilai handgrip jenis ini relatif berbahaya karena tidak bisa menyerap keringat dari telapak tangan. Belum lagi ketika telapak tangan bercampur keringat atau berkendara saat hujan. Permukaan handgrip bakal licin, sehingga berpotensi membuat pengendara kesulitan mengendalikan buka tutup gas, sesuai kebutuhan.

Baca juga : Begini Posisi Benar Pegangan Behel Motor

Penggunaan handgrip alumuniumStanly/Otomania Penggunaan handgrip alumunium

"Jadi penggunaan handgrip seperti ini bisa memperburuk situasi ketika tangan pengendara berkeringat dan basah," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (11/3/2018).

Penggunaan handgrip berbahan alumium sah-sah saja untuk motor yang diikutsertakan di ajang kontes modifikasi. Namun Jusri menganjurkan jangan dipakai untuk motor yang dipakai di jalan raya. Untuk motor harian, pengguna disarankan tetap memakai handgrip asli yang berbahan karet.

"Handgrip alumium kalau untuk estetika sah-sah saja. Tapi untuk pengunaan motor harian sama sekali mengabaikan aspek safety dan kenyamanan," ujar Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.