Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia “Berbagi Ilmu” ke Kampus-kampus

Kompas.com - 09/03/2018, 14:56 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Semarang, KOMPAS.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serahkan alat peraga pendidikan dan transfer pengetahuan melalui kuliah umum di Fakultas Teknik, Department Teknik Industri, Universitas Diponegoro (UNDIP), Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/3/2018).

Donasi terdiri dari satu paket Lean Manufacturing Laboratory (LML), satu paket Lean Production System Laboratory (LPSL) , dan satu Unit Mesin Kijang Innova kepada mahasiswa Teknik Industri UNDIP. Alasan kampus ini yang dipilih karena masuk 10 universitas terbaik berdasarkan penilaian Kemenristek DIKTI di 2017.

Sebelumnya melalui program yang sama, “Toyota Berbagi Ilmu” di bidang pendidikan dan pengembangan SDM, TMMIN sudah menyerahkan 1 paket LPSL kepada Universitas Indonesia (UI) di tahun 2015.

Rencananya selain UNDIP dan UI, Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga akan menjadi target TMMIN selanjutnya dalam program tersebut, demi memberikan fokus pada kurikulum pendidikan di Indonesia. Ketiga universitas ini diharapkan dapat menjawab tantangan akan kebutuhan link and match antara dunia industri dan dunia pendidikan.

Baca juga : Uji Coba Truk CNG TMMIN Dilakukan Tahun Depan

TMMIN Serahkan Donasi Alat Peraga Pendidikan untuk Undip.Dok. TOYOTA TMMIN Serahkan Donasi Alat Peraga Pendidikan untuk Undip.

“Kami berharap donasi alat peraga pendidikan dan kuliah umum ini, mahasiswa dapat mengenal dunia industri sesungguhnya. Semoga sinergi serta kerjasama dengan praktisi pendidikan dan akademisi profesional ini dapat menjadi bekal pengalaman nyata bagi para mahasiswa ketika sudah lulus nanti,” ujar Warih Andang Tjahjoo , Presiden Direktur PT TMMIN dalam siaran resminya, Jumat (9/3/2018).

Tantangan Industri dan SDM

TMMIN memandang kalau tantangan industri Indonesia ke depan dalam kompetisi regional dan global akan semakin ketat, terutama bagi industri manufaktur yang terus didorong untuk meningkatkan produktivitas dalam bentuk kualitas SDM, pengembangan sistem manajemen, dan inovasi teknologi tinggi.

Toyota Indonesia kemudian ingin memberikan dukungan di bidang praktikum pendidikan perguruan tinggi, sehingga lulusan-lulusan universitas selain memiliki pengetahuan teori yang baik juga memiliki keterampilan praktik industri mumpuni yang memuluskan adaptasi di dunia kerja nantinya.

“Berbagai aktivitas Toyota Berbagi Ilmu yang masuk dalam kurikulum perkuliahan universitas, diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik, demi menumbuhkan generasi-generasi perubahan yang kompetitif. Di masa yang akan datang Perguruan Tinggi Indonesia dapat menjadi pusat pengembangan teknologi bagi kepentingan pengembangan sektor industri manufaktur di Indonesia.” ujar Bob Azam Direktur Administration, Corporate & External Affairs PT TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com