Pasar Otomotif ASEAN Bergairah Lagi

Kompas.com - 07/03/2018, 07:42 WIB
Dealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado. feDealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado.

Jakarta, KOMPAS.com –  Pasar otomotif di enam negara ASEAN pada Januari 2018 mengalami pertumbuhan hampir dua digit atau 9 persen. Indonesia, Thailand, dan Vietnam menjadi penyumbang terbesar, dengat pertumbuhan dua digit.

Mengutip Nikkei, Selasa (6/3/2018) jualan mobil baru di negara-negara utama ASEAN mencapai angka 274.679 unit. Angka tersebut merupakan awal yang kuat untuk 2018, yang diproyeksikan menjadi tahun ketiga dengan pertumbuhan berturut-turut.

Enam negara yang masuk dalam penghitungan adalah Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Pasar Asia Tenggara saat ini menjadi incaran para merek-merek global, lantaran masih punya potensi pertumbuhan yang besar.

Baca juga : Jualan Mobil ASEAN Tumbuh, Didorong Thailand dan Filipina

Test drive Mitsubishi Xpander untuk blogger dan komunitas di Pabrik Mitsubishi.Istimewa Test drive Mitsubishi Xpander untuk blogger dan komunitas di Pabrik Mitsubishi.

Penjualan mobil baru di Indonesia, sebagai pasar terbesar ASEAN melonjak 11 persen menjadi 95.869 unit. Penjualan kendaraan komersial dan mobil penumpang mengalami pertumbuhan signifikan.

Beranjak ke Thailand, penjualan mobil baru naik lebih tinggi mencapai 16 persen atau sebanyak 66.545 unit. Perolehan pada Januari 2017 lalu melambat karena masih dalam masa berkabung Raja Bhumibol Adulyadej. Peluncuran model baru dari produsen otomotif seperti Toyota selama paruh kedua 2017, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan.

Lalu, growth positif juga terjadi di Vietnam yang melonjak 29 persen menjadi lebih dari 26.000 unit. Konsumen kemungkinan membeli stok mobil yang diimpor tahun lalu, di tengah kekhawatiran akan pembatasan impor dan berlaku awal tahun ini, dan mengurangi pasokan dari Indonesia dan Thailand.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X