Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Heykers Berakhir pada Generasi Baru Toyota Yaris

Kompas.com - 06/03/2018, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Selain membawa kabar baik, kelahiran Yaris facelift pada bulan lalu juga menyimpan duka karena hatchback menengah Toyota ini kehilangan salah satu varian andalannya, Heykers. Pada model sebelumnya, Yaris Heykers merupakan variasi dengan postur lebih tinggi karena memakai suspensi TRD.

Yaris Heykers meluncur pada November 2016. Beda paling menonjol ketimbang desain standar yaitu ground clearance-nya lebih tinggi 35 mm dari standar menjadi 184mm. Desain alternatif Heykers seperti usaha menjadikan Yaris menjurus crossover.

Saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (5/3/2018), Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), mengonfirmasi, Heykers tidak lagi tersedia di Yaris facelift. Keputusan itu diambil meski dia mengatakan 50 persen total penjualan Yaris pada tahun lalu disumbangkan varian Heykers.

Baca: Innova Venturer dan Yaris Heykers, Korban Tren SUV?

Yaris Facelift 2018.KOMPAS.com/GHULAM M NAYAZRI Yaris Facelift 2018.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Yaris terjual 10.750 unit pada 2017. Heykers terjual 5.868 unit, terdiri dari 1.897 unit tipe manual dan 3.971 unit CVT.

“Berdasarkan survei ke konsumen, mereka mengatakan versi TRD saja sudah cukup,” kata Soerjopranoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com