Varian Heykers Berakhir pada Generasi Baru Toyota Yaris

Kompas.com - 06/03/2018, 09:02 WIB
Tes performa Yaris Heykers Otomania/Setyo AdiTes performa Yaris Heykers

Jakarta, KOMPAS.com – Selain membawa kabar baik, kelahiran Yaris facelift pada bulan lalu juga menyimpan duka karena hatchback menengah Toyota ini kehilangan salah satu varian andalannya, Heykers. Pada model sebelumnya, Yaris Heykers merupakan variasi dengan postur lebih tinggi karena memakai suspensi TRD.

Yaris Heykers meluncur pada November 2016. Beda paling menonjol ketimbang desain standar yaitu ground clearance-nya lebih tinggi 35 mm dari standar menjadi 184mm. Desain alternatif Heykers seperti usaha menjadikan Yaris menjurus crossover.

Saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (5/3/2018), Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), mengonfirmasi, Heykers tidak lagi tersedia di Yaris facelift. Keputusan itu diambil meski dia mengatakan 50 persen total penjualan Yaris pada tahun lalu disumbangkan varian Heykers.

Baca: Innova Venturer dan Yaris Heykers, Korban Tren SUV?

Yaris Facelift 2018.KOMPAS.com/GHULAM M NAYAZRI Yaris Facelift 2018.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Yaris terjual 10.750 unit pada 2017. Heykers terjual 5.868 unit, terdiri dari 1.897 unit tipe manual dan 3.971 unit CVT.

“Berdasarkan survei ke konsumen, mereka mengatakan versi TRD saja sudah cukup,” kata Soerjopranoto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X