Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Cantik Bagi Pebalap Termuda AHM di AP250 Buriram

Kompas.com - 03/03/2018, 10:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Buriram, KOMPAS.com - Tiga pebalap asuhan Astra Honda Racing Tim (AHRT) yang turun di kelas Asia Production (AP) 250cc pada Asia Road Racing Championship (ARRC), sukses menjalani sesi latihan bebas terakhir di Buriram International Circuit, Jumat (2/3/2018). Ketiganya memetik hasil positif sebelum memulai babak kualifikasi dan balap pertama, Sabtu (3/3/2018).

Mario Suryo Aji, pebalap baru jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) memulai debut perdananya dengan baik. Pebalap termuda yang pernah turun AP250cc berhasil tampil memukau menutup latihan bebas pada posisi teratas dengan waktu 1 menit 53.106 detik.

Catatan waktu pebalap asal Magetan, Jawa Timur, yang dijuluki Super Mario ini, berhasil mengalahkan pebalap senior Thailand Anupab Sarmoon, yang bergabung di Yamaha Thailand Racing Team. Bahkan meninggalkan dua rekan setimnya, yakni Rheza Danica Ahrens pada posisi keempat dan Awhin Sanjaya pada urutan 10.

"Saya mengalami perkembangan yang baik. Hasil analisa data setting bisa dikoreksi dengan baik dalam kesempatan latihan bebas ini. Dengan modal tersebut, saya berharap bisa memudahkan meraih target di balapan pertama untuk start dari front row dan podium untuk AHRT serta Indonesia," ucap Mario kepada media, di Sirkuit Buriram, Jumat (2/3/2018).

Baca : Pebalap Honda Siap Panaskan Laga Awal ARRC 2018

Sementara Reza, mengaku belum mendapatkan putaran waktu terbaik di sesi latihan bebas, namun dia tetap optimis bisa mempertajam catatan waktunya di babak kualifikasi dan lomba. Untuk Ahwin sendiri, meski tertinggal namun ia mengaku sudah bisa mengoreksi beberapa hal untuk menjadi bekal memperebutkan posisi grid di kualifikasi.

Pebalap AP250 AHRT,  Mario Suryo Aji di Sirkuit Buriram, Jumat (2/3/2018)AHM Pebalap AP250 AHRT, Mario Suryo Aji di Sirkuit Buriram, Jumat (2/3/2018)

"Saya memang tidaK dapat waktu terbaik, namun saya sudah menemukan setup terbaik untuk besok. Kepercayaan diri saya tidak berkurang untuk bisa bertarung raih kemenangan untuk AHRT dan Indonesia," ujar Reza.

Menanggapi pada pebalapnya, Senior Manager Safety Riding and Motorsports Departement Anggono Iriawan, menjelaskan secara keseluruhan perjalanan AHRT untuk awal musim mulai dari sesi tes hingga latihan bebas terakhir sudah menunjukan peningkatan positif.

"Ini hasil usaha dan kerja keras bersama antara pebalap dan tim mekanik. Ini menjadi modal bagus untuk menghadapi race nantinya. Namun kami tidak langsung puas, kita tetap menjaga mentalitas dan attitude untuk fokus bisa melakukan usaha terbaik dan membanggakan Indonesia," ujar Anggono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com