Menakar Tren Modifikasi Mobil Era Milenial - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Suzuki

Menakar Tren Modifikasi Mobil Era Milenial

Kompas.com - 28/02/2018, 13:07 WIB
Persiapan pameran GIIAS 2017. Pameran otomotif tahunan akan mulai digelar 10/8/2017
Persiapan pameran GIIAS 2017. Pameran otomotif tahunan akan mulai digelar 10/8/2017

 KOMPAS.com - Menjamurnya gerai aksesori mobil baik online maupun yang berbentuk toko konvensional ditambah dengan pameran bidang otomotif membuat para pemilik mobil kian leluasa mendandani kendaraannya.

Kesempatan ini pula yang dirasakan kalangan milenial, mereka yang lahir mulai tahun 1982 hingga 2000 menurut pandangan di buku Millennials Rising: The Next Great Generation.

Satu kutipan menarik yang dijabarkan di sana adalah generasi milenial tertarik dengan hal-hal baru, tepatnya hal-hal termutakhir.

"Mereka generasi yang menunjukkan ketertarikan pada teknologi terkini," kata Neil Howe dan William Strauss, penulis buku tersebut, menautkannya dengan latar pendidikan generasi ini yang membaik dibanding generasi sebelumnya.

Maka tidak heran jika aksesorinya berasosiasi pula dengan hal tersebut, seperti penggunaan lampu LED yang juga dengan pengaturan untuk nyala saat siang hari dengan warna putih kebiruannya (daytime running light atau DRL).

Baca: Tren Pasang ”Daytime Running Lights”, Murah dan Mudah

Suzuki IgnisStanly/KompasOtomotif Suzuki Ignis
Contoh lain soal kekinian itu adalah perangkat audio di dalam mobil. Misalnya, perangkat audio dengan Bluetooth yang bisa terhubung ke ponsel.

Namun, acuan tersebut secara unik berbeda dengan konsep desain secara keseluruhan. Pasalnya, arah desain yang diinginkan anak-anak “zaman now” ini adalah minimalis.

Runut saja media sosial seperti Instagram dan temukan banyaknya arah desain kriya dan arsitektur minimalis.

Tidak sulit pula menemukan tren gaya mobil OEM alias kembali ke standar pabrik untuk menandakan keterpikatan pada hal-hal minimalis itu.

"Anak-anak milenial ini secara khusus terus mencari gaya hidup bertema minimalis," tulis analis Deborah Weinswig di "Millennials Go Minimal: The Decluttering Lifestyle Trend That Is Taking Over" dalam Forbes.com.

Sekalipun pilihannya sedikit dengan menambahkan sesuatu di bodi, acuannya tetap pada gaya minimalis.

Situs komunitas Carthrottle.com pun mencontohkan acuan gaya reli dengan bentuk sepatbor yang terlihat kekar sebagai satu dari sekian tren modifikasi terkini.

Bahkan, gaya tersebut turut menjadi acuan produsen mobil. Mereka berani secara standar mendesain mobil dengan gaya minimalis, tetapi menyediakan mobil dengan bentuk kekar di bagian sepatbor, di samping aksesori hingga fitur kekinian pada mobil produksi mereka.

Contohnya mobil yang baru diluncurkan awal tahun ini, Suzuki Ignis Sport Edition dengan modifikasi desain dan penambahan aksesori dari Suzuki Sport.

Dibanding model sebelumnya, di bodi Suzuki Ignis Sport Edition terdapat penambahan front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler, serta rear upper spoiler.

Ibaratnya, datang dari pabrik, bentuknya sudah tampil kekinian di sana-sini.

Ini sesuai juga dengan tren modifikasi terkini bahwa mobil hasil racikan itu tidak hanya cuma bisa dipajang, tetapi bisa dipakai buat aktivitas sehari-hari.

Baca: Modifikasi Mobil Laik Bakal Jadi Tren di 2018

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya