Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan HR-V dan C-HR dari VW Belum Bisa Dijual di Indonesia

Kompas.com - 28/02/2018, 12:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pada Agustus tahun lalu, SUV baru Volkswagen, T-Roc, menjalani debut dunia, kemudian penjualannya dimulai di Eropa. Sayangnya, SUV pesaing Honda HR-V, Toyota C-HR, atau Mazda CX-3 itu belum ditujukan buat Indonesia.

T-Roc berukuran lebih kecil dari Tiguan sebagai satu-satunya SUV Volkswagen yang kini dijual di Indonesia. Di pasar global Volkswagen punya SUV seperti Touareg dan Touran yang juga pernah ditawarkan di Indonesia.

Jonas Chendana, Chief Operation Officer Garuda Mataram Motor sebagai pemengang merek Volkswagen mengatakan T-Roc kemungkinan cocok buat Indonesia. T-Roc bisa menjangkau konsumen baru dan karena ukuran lebih kecil dari Tiguan juga berarti harga T-Roc berada di bawahnya.

Baca: VW Enggak Terlalu Berharap Wacana Pajak Sedan

Volkswagen T-RocDok. VOLKSWAGEN Volkswagen T-Roc

Namun kendala T-Roc, disebut Jonas, yaitu soal spesifikasi mesin. T-Roc punya enam opsi mesin, bensin dan diesel yang semuanya turbocharger. Pada mesin bensin tersedia 1.0L, 1.5L, dan 2.0L.

“Di sananya belum sampai ke level untuk mesin Asia Tenggara. Sementara ini belum, tapi enggak tahu nanti,” kata Jonas, di Tangerang, Sabtu (24/2/2018).

Volkswagen T-Roc.Dok. VOLKSWAGEN Volkswagen T-Roc.

Jonas tidak menjelaskan lebih detail tentang spesifikasi mesin buat Asia Tenggara. Bisa jadi rujukannya soal penyesuaian mesin ke kualitas bahan bakar yang tersedia, Indonesia baru masuk ke Euro IV pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com