Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shop and Drive Tak Layani Ganti Oli "Delivery" 24 Jam

Kompas.com - 25/02/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Shop and Drive meluncurkan layanan antar oli atau oil home delivery (OHD) di Jakarta pada Jumat (23/2/2018). Dengan layanan ini, pemilik mobil dapat mengganti oli di manapun tanpa perlu datang ke outlet. Outlet akan mengirim oli sekaligus mekanik dari outlet terdekat ke lokasi tempat pemilik mobil melakukan pemesanan.

OHD merupakan layanan Shop and Drive yang diluncurkan setelah layanan antar aki atau battery home delivery (BHD). Meski pola layanan sama, ada perbedaan waktu pelayanan antara OHD dan BHD. Jika BHD berlaku setiap hari selama 24 jam, tidak demikian dengan OHD.

Baca juga : Mobil Tak Terawat Karena Sibuk Kerja, Ini Solusiny

Head Retail Division Astra Autoparts Indra Nugraha mengatakan, OHD hanya berlaku saat jam operasional outlet. Tepatnya dari sekitar pukul 09.00-10.00 hingga 17.00-18.00.
Menurut Indra, layanan OHD tidak diberlakukan 24 jam karena sifat oli yang berbeda dengan aki.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

"Karena kita masih percaya ganti oli itu suatu aktivitas yang terencana. Bukan sesuatu yang tiba-tiba seperrti aki," kata Indra saat ditemui usai acara peluncuran OHD.

Menurut Indra, walaupun oli telat diganti, mobil tetap bisa beroperasi. Berbeda halnya dengan aki. Terutama mobil matik yang pasti tidak akan bisa dihidupkan jika aki habis. Sehingga BHD dianggap memang perlu diberlakukan 24 jam.

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

"Kalau aki habis bisa kejadian pagi, sore, atau malam. Kalau oli walaupun telat dan diganti hari ini, mobil masih bisa jalan," ujar Indra.

Walaupun demikian, Indra menyebut bisnis berlaku dinamis. Sehingga tak menutup kemungkinan ke depannya OHD juga berlaku 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com