Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pasang Karpet pada Mobil, Berbahaya!

Kompas.com - 15/02/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Salah satu fungsi dari karpet mobil, yaitu untuk menjaga kebersihan, hingga kenyamanan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan. Akan tetapi, apabila salah pasang, malah bisa menimbulkan masalah besar.

Banyak kecelakaan lalu lintas, akibat salah pasang karpet. Pelapis lantai mobil itu bisa mengakibatkan pedal gas menyangkut sampai mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Menurut Iwan Abdurahman, Area 2 Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), sebaiknya selalu gunakan karpet yang ada kaitan, agar tidak bebas bergerak dan mengganggu sopir ketika mobil sedang melaju.

"Karpet tambahan tanpa pengait ada potensi maju dan secara tidak sengaja menginjak pedal gas," ucap Iwan kepada KOMPAS.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Mudah Rawat Karpet Dasar Mobil

Iwan menyarankan, ketika membeli karpet sebaiknya periksa dulu apakah ada pengait atau tidak. Namun, jika beli di diler biasanya sudah tersedia dan dipastikan aman.

Pengait karpet kendaraan membuat karpet tidak bergerak bebas saat kendaraan berjalanSetyo Adi/Otomania Pengait karpet kendaraan membuat karpet tidak bergerak bebas saat kendaraan berjalan

"Walaupun tidak, diler pasti menjual aksesori nya. Jadi sebaiknya perhatikan itu demi keselamatan," ujar Iwan.

Tipe kaitan pada karpet itu punya dua tipe, yaitu hook dan dial. Sebelum beraktivitas menggunakan mobil, pastikan karpet sudah dalam kondisi terkunci, sehingga lebih aman.

Apabila ingin menambahkan karpet aftermarket, pastikan bahwa ukuran dan juga desain sesuai dengan ruang pada lantai mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com