Kompas.com - 10/02/2018, 09:45 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dokumen kendaraan yang wajib dimiliki. Tanpa dokumen tersebut, maka kendaraan akan dianggap ilegal keberadaannya dan berpotensi bermasalah jika digunakan di jalan raya.

Ketersediaan dokumen kendaraan yang jelas ini dijamin para pengelola diler sepeda motor berkubikasi besar alias moge berstatus seken. Dari dua diler yang disambangi Kompas.com, keduanya menyatakan enggan jual beli motor bodong alias tanpa surat-surat.

Sales Marketing Moto8 Dodi Suwandi mengatakan, keengganan menjual belikan motor bodong bertujuan untuk mencegah masalah hukum, baik dari pengelola diler maupun calon konsumen. Selain itu, kelengkapan surat-surat dibutuhkan bagi konsumen yang ingin membeli lewat skema kredit.

Salah satu Ducati yang dijual diler moge seken R&J Motorsport yang beralamat di Jalan Jatiluhur, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Ducati yang dijual diler moge seken R&J Motorsport yang beralamat di Jalan Jatiluhur, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2018).

"Banyak motor-motor begituan (moge bodong) yang tidak ada surat. Kita tidak mau menerima motor yang seperti itu," kata Dodi saat ditemui Kompas.com di diler Moto8, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2018).

Sementara itu, pengelola R&J Motorsport yang beralamat di Jalan Jatiluhur, Duren Tiga, Jakarta Selatan, menyatakan, tidak hanya kelengkapan surat-surat yang dijamin, tetapi juga pajak. Sehingga konsumen dipastikan tidak akan membeli moge yang berstatus pajak mati.

"Kalau ada motor yang pajaknya mati, begitu konsumen memutuskan membeli, pasti akan langsung kita urus pembayaran pajaknya," kata Rendy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.