Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Lain AC Mobil saat Hujan

Kompas.com - 05/02/2018, 19:05 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Sebagian pengendara mobil mungkin sering mematikan alat pengatur suhu atau air conditioner (AC) saat berkendara di tengah kondisi hujan. Tujuannya agar tidak kedinginan. Namun cara ini dinilai tidak tepat.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menyarankan agar AC tetap dinyalakan. Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa menggangu jarak pandang.

Baca juga : Ini Lima Faktor yang Bisa Ganggu Kerja AC Mobil

"AC mobil dalam keadaan hujan sebaiknya tetap dinyalakan. Kalau tidak akan berembun karena ada perbedaan suhu antara di dalam dengan luar kendaraan," kata Deni kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018).

Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujanbmwbmw.org Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan

Menurut Deni, embun yang muncul di kaca mobil disebabkan temperatur suhu di dalam kabin yang lebih hangat ketimbang di luar. Karena itu agar suhu di dalam kabin tetap lebih dingin, cara yang harua dilakukan adalah tetap menyalakan AC. Tentu saja tidak perlu sampai posisi full.

"Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," ujar Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com