Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2018, 17:05 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com — Jumlah peminat sepeda motor jenis cub (bebek) dilaporkan semakin menurun dari waktu ke waktu. Dari data penjualan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) sepanjang 2017, jumlahnya bahkan kalah dibanding motor sport.

Baca juga: Sama-sama Motor Repot, Kenapa "Sport" Lebih Laku dari Bebek?

Pada Rabu (31/1/2018), Kompas.com mendatangi lima diler motor bekas yang ada di Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Dari jumlah tersebut, hanya ada dua diler yang menjual bebek, tetapi jumlahnya hanya satu atau dua unit.

Para pengelola diler menyatakan, minimnya motor bebek disebabkan jarangnya ketersediaan unit saat lelang yang diadakan perusahaan leasing. Selain itu, sudah jarang ada calon konsumen yang datang untuk mencari dan membeli motor tersebut.

"Bebek kami kebetulan tidak jual karena jarang yang nanya," kata Kawoh, tenaga pemasaran di diler motor bekas Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Stripping baru Honda Supra X 125 FI.AHM Stripping baru Honda Supra X 125 FI.

Sementara itu, Teming, pemilik diler motor bekas Tria Motor di Sukmajaya, Depok, mengatakan sudah dua tahun tak pernah lagi menjual motor bebek. Teming terakhir kali menjual motor bebek jenis Supra X 125 pada tahun 2015.

Sementara Elly, tenaga pemasaran di diler motor bekas Sukses Motor, Pancoran Mas, Depok, mengatakan, biasanya masih ada segelintir calon konsumen yang mencari motor bebek jenis Honda Supra 125 atau Satria F150.

"Beberapa bulan lalu kami masih jual Supra, tetapi peminatnya sudah tidak banyak," ujar Elly.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.