Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2018, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Kompas.com – Salah satu hal menyenangkan dari Datsun Cross yaitu soal desain rem parkir yang beda dari kedua saudaranya, GO dan GO+. Cross memakai tuas rem parkir tipe jungkit, bukan versi jadul tipe tarik seperti yang sudah kita kenal pada GO dan GO+.

Rem parkir GO dan GO+ terletak di sebelah kanan tuas transmisi. Sedangkan pada Cross, rem parkir terletak di lantai, tepatnya di antara jok pengemudi dan penumpang depan. 

Masayuki Ohsugi, General Manager R & D Nissan Motor Indonesia, menjelaskan tipe rem parkir baru merupakan kompensasi konsep desain Cross yang tidak mengarah ke harga terjangkau. Harga Cross memang belum diumumkan, namun perkiraannya Rp 163 juta (Manual 5-percepatan) dan Rp 175 juta (CVT), itu lebih mahal hampir Rp 60 juta dari varian tertinggi GO+.

“Kami memprioritaskan struktur rem parkir yang lebih terjangkau untuk GO dan GO+, tapi kami mengubah posisinya karena Cross bukan LCGC (Low Cost Green Car),” jelas Ohsugi, di Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Interior terasa sederhana, khas mobil murah Indonesia.Agung Kurniawan Interior terasa sederhana, khas mobil murah Indonesia.

Tipe rem parkir jungkit lebih nyaman di kondisi menanjak, kata Ohsugi. Pilihan itu diambil sebab dia menyadari banyak kebutuhan masyarakat untuk kondisi perjalanan seperti ke Puncak, Jawa Barat.

Suspensi depan Datsun Cross diseting oleh R&D Nissan di Jepang.Febri Ardani/KompasOtomotif Suspensi depan Datsun Cross diseting oleh R&D Nissan di Jepang.

Suspensi

Ohsugi juga menjelaskan, meski Cross menggunakan platform GO+ namun struktur bodi di bagian depan sudah diperkuat. Tujuan utamanya untuk mengurangi bising yang masuk ke kabin, selain itu juga menunjang kenyamanan mengemudi.

Selain itu terdapat perbedaan di bagian suspensi Cross dibanding GO+. Struktur diperkuat hingga menghasilkan karakter mengemudi lebih kaku namun tetap mengejar kenyamanan di bodi Cross yang setinggi 200 mm dari tanah atau lebih tinggi 30 mm dari GO+.

“Kami mulai mengembangkan Cross sejak dua tahun menjual GO dan GO+,” ucap Ohsugi. 

Baca: Tes Datsun Cross, Bising, Limbung, dan Getar Berkurang Drastis

Test Drive Datsun Cross.Febri Ardani/KompasOtomotif Test Drive Datsun Cross.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.