Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poin Plus Lexi Dibanding Deretan Skutik 125 cc Yamaha

Kompas.com - 30/01/2018, 11:05 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, Kompas.com - Sebelum kemunculan Lexi, Yamaha tercatat sudah memiliki empat varian skuter matik berkubikasi 125. Keempatmya yakni Fino, Mio, Xride, dan Soul GT.

Lexi mengusung mesin berkubikasi 125cc. Namun berbeda dengan empat skutik 125 lainnya, Yamaha memasukan Lexi dalam golongan Maxi, bersama dengan Aerox, NMAX, XMAX, dan TMAX yang berkubikasi dari mulai 150cc ke atas. Sebelum kehadiran Lexi, tak ada satupun keluarga Maxi Yamaha yang memiliki mesin di bawah 150cc.

Baca juga : Yamaha Indonesia Kenalkan Adik NMAX, Lexi 125

Kehadiran Lexi tentu saja menambah jumlah varian 125 Yamaha. Namun ada beberapa perbedaan dari Lexi yang tidak akan ditemui di empat skutik 125 Yamaha lainnya.

Deretan skutik Yamaha di dealer Yamaha DDS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.KompasOtomotif-donny apriliananda Deretan skutik Yamaha di dealer Yamaha DDS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kompas.com merangkum perbedaan tersebut berdasarkan data spesifikasi di situs resmi Yamaha. Perbedaan tersebut baik dalam hal mesin, dimensi maupun fitur.

Berikut perbedaan tersebut:

MESIN

Baik Lexi maupun skutik 125 Yamaha lainnya mengusung mesin SOHC 4 langkah dengan sistem injeksi. Namun Lexi menjadi satu-satunya yang menggunakan pendingin Liquid Cooled. Berbeda dengan skutik lainnya yang menggunakan pendingin udara.

Selain itu, mesin Lexi sudah mengadopsi teknologi variable valve actuation (VVA) yang dapat menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. VVA merupakan teknologi yang juga sudah diterapkan di NMAX, XMAX, dan TMAX.

Dalam hal kemampuan, tenaga dan torsi Yamaha Lexi lebih besar ketimbang skutik Yamaha lainnya. Tercatat, tenaga maksimal Lexi adalah 8,75 KW (11,7 tk) @8.000 rpm.
Sedangkan torsi puncaknya ada di angka 11,3 Nm @7.000 rpm.

Sementara itu, baik Fino, Mio, Xride, dan Soul GT punya kemampuan mesin yang sama. Tapi angkanya berada di bawah Lexi. Keempatnya punya tenaga maksimal 7 Kw (9,52 tk) @8000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya ada di angka 9,6 Nm @5500 rpm.

Yamaha Lexi 125.Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha Lexi 125.


DIMENSI:

Karena masuk kategori Maxi Scooter, Lexi memiliki ukuran yang lebih bongsor ketimbang skutik 125 Yamaha lainnya. Itu bisa dilihat dari panjang dan lebar dan tingginya.

Lexi memiliki panjang 1.970 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak terendah ke tanahnya adalah 133mm dengan tinggi tempat duduk 785mm dan berat isi 112 kilogram.

Keempat skutik 125 Yamaha lainnya memiliki ukuran yang berbeda. Namun tak ada satupun yang ukuran maupun berat isinya melebihi Lexi. Ukuran terbesar dimiliki Soul GT yang memiliki panjang 1.870 mm dengan lebar 685 mm dan tinggi 1.070 mm.

Desain lantai Yamaha Lexi 125 bisa buat angkut botol galon.Febri Ardani/KompasOtomotif Desain lantai Yamaha Lexi 125 bisa buat angkut botol galon.


FITUR:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com