Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Produksi, Stok Etios Masih Sisa Puluhan Unit

Kompas.com - 30/01/2018, 08:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Toyota Indonesia akhirnya mengakui sudah menyuntik mati mobil kotanya, Etios Valco.  Kabar stop produksi sebenarnya sudah beredar sejar akhir 2016 lalu, tapi baru terealiasi pada Oktober 2017.

Terkait dengan stoknya, Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, saat ini hanya tinggal 30 unit saja. Jika mengacu pada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rata-rata wholesales-nya di 55 unit sepanjang 2017.

Jadi dengan sisa 30 unit di dealer saat ini, bisa jadi hanya butuh satu bulan untuk menghabiskannya. Sampai saat itu, Toyota mengalami kekosongan di segmen mobil kota, yang diisi oleh Ignis, Brio, March, Sirion, Mirage, i10 dan Picanto.

Baca juga : November 2017 Etios Hanya Terjual Dua Unit!

Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.Ghulam/KompasOtomotif Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.

“Saat ini stoknya hanya tinggal 30-an unit,” ujar Soerjopranoto kepada Kompas.com, Senin (29/1/2018).

Soerjopranoto sebelumnya mengatakan, kalau fokusnya untuk melengkapi pasar hatchback di Indonesia. Selain Etios, dirinya menyebut, kalau, Toyota masih memiliki Agya dan Yaris yang dapat dijadikan pilihan.

“Etios dipasarkan menggunakan mesin 1.2L, di mana saat ini di segmen hatchback kami juga memiliki engine 1.2L yang terdapat pada Agya,” ucap Soerjopranoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com