Stop Produksi, Stok Etios Masih Sisa Puluhan Unit

Kompas.com - 30/01/2018, 08:25 WIB
Etios masih diproduksi TMMIN. Febri/KompasOtomotif Etios masih diproduksi TMMIN.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com – Toyota Indonesia akhirnya mengakui sudah menyuntik mati mobil kotanya, Etios Valco.  Kabar stop produksi sebenarnya sudah beredar sejar akhir 2016 lalu, tapi baru terealiasi pada Oktober 2017.

Terkait dengan stoknya, Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, saat ini hanya tinggal 30 unit saja. Jika mengacu pada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rata-rata wholesales-nya di 55 unit sepanjang 2017.

Jadi dengan sisa 30 unit di dealer saat ini, bisa jadi hanya butuh satu bulan untuk menghabiskannya. Sampai saat itu, Toyota mengalami kekosongan di segmen mobil kota, yang diisi oleh Ignis, Brio, March, Sirion, Mirage, i10 dan Picanto.

Baca juga : November 2017 Etios Hanya Terjual Dua Unit!

Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.Ghulam/KompasOtomotif Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.

“Saat ini stoknya hanya tinggal 30-an unit,” ujar Soerjopranoto kepada Kompas.com, Senin (29/1/2018).

Soerjopranoto sebelumnya mengatakan, kalau fokusnya untuk melengkapi pasar hatchback di Indonesia. Selain Etios, dirinya menyebut, kalau, Toyota masih memiliki Agya dan Yaris yang dapat dijadikan pilihan.

“Etios dipasarkan menggunakan mesin 1.2L, di mana saat ini di segmen hatchback kami juga memiliki engine 1.2L yang terdapat pada Agya,” ucap Soerjopranoto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X