Yamaha Lexi Bidik Segmen Scoopy dan Vario

Kompas.com - 29/01/2018, 09:25 WIB
Yamaha Lexi tipe S. Ada tiga perbedaan spesifikasi dengan tipe standar. Kompas.com-Donny AprilianandaYamaha Lexi tipe S. Ada tiga perbedaan spesifikasi dengan tipe standar.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengakui tidak begitu kuat di segmen sepeda motor harga Rp 17 juta – Rp 21 juta. Itulah yang jadi alasan mengapa skutik maxi Lexi hadir mengisi segmen itu.

Di segmen itu, Honda merajalela bersama Scoopy yang terjual 612.197 unit pada tahun lalu, Vario 125 (609.556 unit), dan Vario 150 (466.204) unit. Ketiga model itu masing-masing merupakan model terlaris kedua, ketiga, dan keempat di Indonesia.

Di segmen itu, model Yamaha paling sukses  adalah Mio M3 125 yang terjual 291.614 unit pada 2017. Mio M3 125 merupakan model terlaris kelima di Indonesia.

Baca: Daftar 10 Model Terlaris 2017 

“Jadi itu harus diperkuat, karena kompetitor besar sekali. Kalau saya bilang itu satu tahun satu juta unit. Permintaannya besar,” Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM, Jumat (26/1/2018).

Yamaha Lexi 125 meluncur di Jakarta, Jumat (26/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha Lexi 125 meluncur di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Namun, tugas Lexi bukan cuma memperkuat Yamaha di segmen Rp 17 juta – Rp 21 juta. Eddy menjelaskan Lexi juga menjadi batu loncatan buat konsumen yang ingin masuk ke dunia maxi Yamaha.

Lexi adalah produk keluarga maxi Yamaha paling terjangkau. YIMM belum mengumumkan harganya, namun sudah dipastikan dimulai di bawah Rp 20 juta.

Ekspektasi besar

YIMM kelihatannya punya harapan besar pada Lexi. Buktinya, YIMM sampai mengajak Valentino Rossi dan Maverick Vinales untuk meluncurkannya di Jakarta. Hal seperti itu tidak terpikirkan waktu peluncuran NMAX pada 2015.

“Kalau terlalu besar enggak juga, kami Cuma mau lihat pasarnya menarik untuk kami garap. Selama ini kan kami tidak punya model kuat di situ,” kata Eddy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.