Kompas.com - 25/01/2018, 15:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, Kompas.com – Kerja sama BMW Motorrad dengan pabrikan asal India, TVS, menghasilkan sepeda motor yang belum dimiliki keduanya, yaitu model 313cc. Sepeda motor dengan kapasitas seperti itu mungkin cocok buat pasar Eropa atau Amerika Serikat (AS) namun di Indonesia kurang sesuai.

BMW Motorrad sudah meluncurkan naked G310R pada tahun lalu di Indonesia, kemudian disusul versi adventure G310GS yang terbit pada pekan lalu. Di India, TVS sudah memperkenalkan Apache RR310 pada November lalu dan bukan tidak mungkin model fairing itu dijual juga di Indonesia.

BMW G310R TEs ride OtomaniaSetyo Adi/Otomania BMW G310R TEs ride Otomania

Baca: Tak Punya Lawan, BMW G310GS Main Sendirian

Masalahnya adalah harga. Motor berkapasitas di atas 250cc kena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 60 persen, akibatnya harga jual terlalu tinggi ketimbang para model 250cc yang sudah ada dalam negeri. Kapasitas mesin dan tenaga 300cc dengan 250cc tidak begitu jauh, tapi banderolnya sangat signifikan.

Sebagai gambaran model naked 250cc 1-silinder seperti Kawasaki Z 250 SL atau KTM Duke 250 dijual Rp 40 juta – Rp 50 juta, sedangkan BMW G310R dilego Rp 108 juta dan BMW G310GS Rp 125 juta. Itupun harga BMW masih off the road.

Mungkin saja solusi buat BMW Motorrad yaitu menciptakan mesin 250cc yang cocok buat Indonesia ataupun pasar Asia Tenggara. Salah satu contoh kasus yang bisa dipelajari adalah strategi Yamaha di Indonesia yang memproduksi R25 untuk dijual di dalam negeri, sementara mengekspor versi R3 (312cc) ke Eropa dan AS.

Tidak ada 250cc

Pihak BMW Motorrad Indonesia sudah mengakui mesin 300 cc memang sulit dijual di Indonesia, meski begitu G310R dan G310GS tetap harus dijual agar mengikuti line up model global. Joe Frans, CEO Maxindo Moto sebagai distributor BMW Motorrad di Indonesia menjelaskan kecil kemungkinannya BMW Motorrad membuat mesin 250cc buat penyesuaian pasar Asia Tenggara.

Baca: BMW Mengakui, Mesin 300cc Sulit Dijual di Indonesia

“Saya tidak melihat dalam jangka panjang BMW Motorrad membuat 250cc. Kami mengikuti produk global,” kata Joe selepas peluncuran G310GS di Tangerang.

Konsentrasi BMW Motorrad dari penjelasan Joe sedang mengarah ke pasar AS yang didominasi Harley-Davidson. BMW Motorrad juga mau melebar ke pasar dunia dengan karakter klasik, namun tetap bersama mesin berkapasitas besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.