Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2018, 10:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, Kompas.com – Mesin flat-twin alias boxer BMW Motorrad bukan cuma menguntungkan soal mesin unik dengan torsi kuat di rpm rendah dan titik pusat gravitasi di bawah, namun konstruksinya yang melintang di antara kaki biker bisa menopang keselamatan.

Boxer dengan gerakan piston yang mendatar ke arah berlawanan, membuat desain mesin keseluruhan melebar. Bahkan, dimensi boxer lebih lebar dari footstep.

Bagian buritan BMW R NineT mengerucut.Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian buritan BMW R NineT mengerucut.

“Cuma justru keunggulannya di situ. Boxer itu, kalau misalnya tiba-tiba motor terjatuh, konstruksi mesin itu sebenarnya membuat ada ruang kosong bagi pengendara biar tidak terjepit, ucap CEO Maxindo Moto, sebagai distributor BMW Motorrad di dalam negeri, pada pekan lalu.

BMW Motorrad sudah menggunakan boxer sejak memproduksi model pertama, R32, pada 1923. Saat ini boxer di antaranya ada pada model petualang R1200GS dan motor desain klasik R NineT.

Menurut Joe, desain melintang boxer yang menambah sisi keselamatan jadi salah satu alasan R1200GS akhirnya dipilih kepolisian lalu lintas sebagai kendaraan dinas di Indonesia. Pada tahun lalu, untuk pertama kalinya, Maxindo Moto mendapat pesanan 50 unit R1200GS dari kepolisian.

Baca: BMW Indonesia Suplai Moge buat Polisi Lalu Lintas

R NineT dilahirkan sebagai lambang 90 tahun BMW Motorrad berkecimpung dalam bisnis.Febri Ardani/KompasOtomotif R NineT dilahirkan sebagai lambang 90 tahun BMW Motorrad berkecimpung dalam bisnis.

Tampang BMW R1200GS 2015, sama tapi banyak adaptasi.motorcycle Tampang BMW R1200GS 2015, sama tapi banyak adaptasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.