Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Muscle Car" Legendaris Tebar Pesona di Bogor

Kompas.com - 22/01/2018, 11:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Bogor, KOMPAS.com - Mustang merupakan salah satu mobil legendaris yang pernah diproduksi oleh Ford. Mobil yang masuk dalam jajaran "muscle car" ini kerap muncul dalam film-film Hollywood, salah satunya dalam film Fast And Furious.

Ford Mustang termasuk mobil yang punya penggemar tersendiri di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu seperti Ford Mustang warna hitam lansiran tahun 1967 milik Anton, salah seorang anggota komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

Baca juga : Kejayaan ?Muscle Car? Ford Mustang Masih Panjang

Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018).

Mustang yang dimiliki Anton merupakan mobil dua pintu namun berkapasitas empat penumpang, termasuk sopir. Sehingga pintu tersebut juga berfungsi untuk keluar masuk penumpang di baris belakang.

Posisi setir masih berada di sebelah kiri seperti yang ada di Amerika. Berbeda dengan peraturan berlalu lintas di Indonesia yang menerapkan berjalan di kiri sehingga setir harus berada di kanan.

Ruang kemudi Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Ruang kemudi Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018).

Ditemui Kompas.com di sela-sela acara yang digelar PPMKI di Kebun Raya Bogor, Minggu (21/1/2018), Anton menyebut mobilnya itu dibeli dari seorang temannya sekitar lima tahun lalu. Namun Anton menolak menyebutkan harganya.

Anton tertarik membeli Mustang untuk menambah koleksi mobil-mobil lawasnya, khususnya mobil-mobil Amerika. Sebelum membeli Mustang, Anton tercatat sudah memiliki beberapa mobil lawas seperti Mercedes Benz 37, Chevrolet 41 dan Chevrolet 48.

Baca juga : Adu ?Muscle Car?, Camaro Lindas Mustang

"Mustang kan memang mobil Amerika. Dipanggilnya Muscle Car," ujar Anton.

Mesin dari Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin dari Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018).

Menurut Anton, Mustang yang dimilikinya bermesin 2.800 cc 6 silinder yang sudah menggunakan transmisi matik. Saat pertama kali membeli mobil tersebut, Anton menyebut kondisi mesin sudah mengalami gangguan sehingga mengharuskan dilakukan perbaikan.

Namun tak ada suku cadang untuk perbaikan yang menggunakan milik mobil lain. Sebab Anton membeli suku cadang asli Mustang yang dikirim melalui temannya yang berada di Amerika.

Untuk body masih dalam kondisi asli. Menurut Anton, perbaikan hanya dilakukan di bagian-bagian tertentu yang sudah rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.