Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2018, 10:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Bogor, Kompas.com - Selama 72 tahun usia Republik Indonesia, tercatat sudah ada beberapa macam jenis mobil dari berbagai merek yang digunakan sebagai mobil dinas kepresidenan. Salah satunya adalah Cadillac Fleetwood 75 Limousine yang pernah digunakan oleh Presiden Pertama RI Soekarno.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine yang pernah digunakan Soekarno kini dimiliki oleh Jimmy, salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Saat PPMKI menggelar acara di Kebun Raya Bogor, Minggu (21/1/2018), mobil ini menjadi salah satu dari puluhan mobil antik yang datang ke lokasi acara.

Baca juga : Saat Cadillac Soekarno Hingga Oplet Si Doel Konvoi Bersama

Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.Kompas.com/Alsadad Rudi Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine tampak paling mencuri perhatian. Dari mulai sesama anggota PPMKI hingga warga yang kebetulan ada di sekitar lokasi acara terpantau tak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan diri berfoto bersama mobil tersebut.

Dari segi ukuran, Cadillac Fleetwood 75 Limousine memang terlihat paling besar dibanding mobil-mobil kuno milik anggota PPMKI lainnya. Panjangnya saja bahkan mencapai sekitar enam meter. Untuk tampilan fisik, Cadillac Fleetwood 75 Limousine sangat berciri khas mobil Amerika tempo dulu yang memiliki bentuk lancip di bagian belakang.

Ruang kemudi dari Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.Kompas.com/Alsadad Rudi Ruang kemudi dari Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.

Tempat duduk untuk pengemudi menggunakan jok panjang yang menyatu dengan tempat duduk penumpang yang ada di sebelahnya. Posisi setir berada di kiri. Berbeda dengan peraturan berlalu lintas di Indonesia yang menerapkan berjalan di kiri sehingga setir harus berada di kanan.

Ruang kabin belakang terlihat sangat lapang. Penumpang tetap bisa meluruskan kaki dalam posisi setengah berbaring bersandar ke jok. Terlihat ada dua logo burung Garuda Pancasila di sisi kanan dan kiri jok penumpang yang menjadi penanda penggunaan masa lalu dari mobil tersebut.

Logo burung Garuda Pancasila di kabin belakang Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.Kompas.com/Alsadad Rudi Logo burung Garuda Pancasila di kabin belakang Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.

Ditemui Kompas.com di sela-sela acara, Jimmy menceritakan sejarah mobil miliknya itu. Menurut Jimmy, Cadillac Fleetwood 75 Limousine eks mobil dinas Soekarno merupakan mobil produksi tahun 1964. Ini merupakan mobil dinas kepresidenan terakhir Soekarno sebelum lengser dari tampuk kekuasaannya. Jimmy menyebut dirinya merupakan pemilik keempat dari mobil yang dilelang oleh Sekretariat Negara pada tahun 1975.

"Pemilik pertamanya Pak Probosutedjo. Sama Pak Probo hampir 40 tahun. Dari Pak Probo lari ke Solo, dari Solo ke Cilangkap, baru ke saya. Di saya sudah tujuh tahun," ucap Jimmy.

Mesin dari Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin dari Cadillac Fleetwood 75 Limousine milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang datang ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Mobil ini merupakan kendaraan dinas yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.

Jimmy enggan mengungkapkan harga jual dari mobil tersebut. Yang pasti saat dibeli, kondisinya masih sangat terawat sehingga dirinya tidak perlu banyak melakukan pembenahan.

Menurut Jimmy, Cadillac Fleetwood 75 Limousine eks mobil dinas Soekarno bermesin 6.700cc V8 yang sudah menggunakan transmisi matik. Jimmy menyebut Cadillac yang pernah digunakan Soekarno masuk dalam tipe Presidential Series yang tidak diproduksi secara massal.

"Makanya mobil ini enggak ada nilainya," ucap Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.