Kenali Komponen "Fast Moving" Sepeda Motor

Kompas.com - 19/01/2018, 18:45 WIB
Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad RudiSalah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Depok, KOMPAS.com - Ada beberapa suku cadang pada motor yang dinilai harus sering cepat untuk diganti. Suku cadang tersebut diantaranya busi, kampas rem, dan filter udara. Ketiganya merupakan suku cadang yang dinilai tidak memiliki masa pakai yang lama.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok, Syamsuddin menilai, pergantian rutin terhadap busi, kampas rem, dan filter udara bisa mencegah motor mengalami kerusakan mendadak saat dikendarai. Hal ini berlaku untuk semua jenis motor, baik bebek, matik, maupun sport.

Baca juga : Kenali Penyebab Knalpot Motor Berasap

"Yang namanya fast moving semua motor sama. Fast moving biasanya busi, kampas rem sama filter (udara)," kata Syamsuddin saat ditemui, Rabu (17/1/2018).

Busi NGK buat PCXdok.NGK Busi NGK buat PCX

Menurut Syamsuddin, mendeteksi sudah perlu atau tidaknya busi, kampas rem, dan filter udara untuk diganti tidak sulit. Caranya dengan rutin melakukan servis berkala setiap pemakaian 2.000 kilometer. Karena saat servis berkala, nantinya mekanik akan mengecek seluruh bagian motor dan merekomendasikan pergantian suku cadang yang sudah layak untuk diganti.

"Cara paling benar dalam perawatan motor harus rajin servis berkala. Biasanya kalau ada orang mogok di tengah jalan itu karena motornya jarang diservis," ucap Syamsuddin.

Berikut daftar suku cadang fast moving sepeda motor berikut jadwal penggantiannya: 

1. Busi = Setiap 6.000 kilometer berikut kelipatannya.

2. Filter oli = Setiap 9.000 kilometer dan kelipatannya.

3. Filter udara = Setiap 9.000 kilometer dan kelipatannya.

4. Kampas rem = Setiap 12.000 kilometer dan kelipatannya.

5. Gir dan rantai (bebek dan sport) = Setiap 18.000 dan kelipatannya.

6. V-Belt (matik) = Setiap 24.000 kilometer dan kelipatannya.

7. Kampas kopling = Setiap 24.000 kilometer dan kelipatannya.

8. Weight roller = Setiap 24.000 kilometer dan kelipatannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X