Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Bayar Pajak Mobil Mewah Ketua DPR Bambang Soesatyo

Kompas.com - 19/01/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Koleksi mobil mewah dan mobil super (supercar) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo, cukup banyak. Mulai Toyota Vellfire, Lamborghini, Ferrari, Hummer hingga Rolls Royce, dan masih banyak lagi.

Seluruh koleksi mobilnya itu sudah terdaftar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Bicara mengenai pajak, sudah pasti setiap tahun Politisi Golkar itu harus mengeluarkan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Belum lagi dia jua punya sepeda motor merek Harley-Davidson produksi 1993 yang dibeli pada 2005 seharga Rp 250.000.000. KompasOtomotif mencoba menghitung estimasi pengeluaran pajak yang harus dibayar oleh ketua DPR itu.

Baca juga: Data Pajak Mobil Mewah Pemda DKI Disebut Tidak Valid

Bila merujuk daftar yang dipublis Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, pajak untuk Ferrari California sekitar Rp 100.000.000, Rolls Royce Phamtom Rp 110.023.500, Lamborghini Gallardo Rp 90 jutaan, dan Land Rover Rp 54 jutaan.

Besaran pajak itu biasanya mengacu pada beban Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bea Balik Nama, dan Pajak Progresif. Meski tidak diketahui hitungan pastinya, tapi estimasi ini bisa dijadikan dasar meinimum besaran pajak mobil-mobil mewah itu.

Jumlah tersebut belum termasuk pajak moge Harley-Davidson, dan mobil dia yang lain seperti Toyota Vellfire, mobil listrik Tesla seharga Rp 2,6 miliar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, jadi sudah terbayang kan berapa BS harus mengeluarkan uang untuk membayar pajak kendaraan bermotornya setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com