Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Belum Tergiur Ikuti Segmen Retro

Kompas.com - 18/01/2018, 16:45 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sport klasik merupakan salah satu ragam dari kelas motor sport. Kekinian, model sport klasik kembali digandrungi. Bahkan, pada November 2017 lalu pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki, meluncurkan varian sport entry level baru yang bergaya retro, yakni W175.

Melihat masih tingginya tren modifikasi bergaya klasik saat ini, akankah Honda yang menyandang sport terlaris sepanjang tahun 2017 (Januari-November) juga akan meluncurkan motor sport klasik?

Baca juga : Kawasaki Luncurkan Anggota Keluarga Baru Sport Klasik W175

Menurut Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas J.A. Wijaya, sebelum "melemparkan" produk ke pasaran maka pihaknya akan terlebih dahulu melakukan riset, termasuk perkembangan tren motor klasik saat ini.

"Setiap segment yang sudah ada dan sedang tumbuh berkembang serta potensial menjadi studi awal bagi kami," kata Thomas saat dihubungi, Kamis (18/1/2018).

Baca juga : 5 Motor Sport Terlaris 2017, CB150R Kalahkan V-Ixion

Bobot ringan dan jarak sumbu roda yang pendek mendukung kelincahan Kawasaki W175.M Ghalib for KompasOtomotif Bobot ringan dan jarak sumbu roda yang pendek mendukung kelincahan Kawasaki W175.
Terkait dengan motor sport klasik, beberapa waktu lalu AHM telah meluncurkan tambahan tunggangan bernuansa klasik. Namun motor ini termasuk dalam kategori motor gede (moge) dengan mesin 2-silinder 471cc, yakni CMX500 Rebel. Penjualannya pun cukup bagus.

Berdasarakan Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Rebel 500 sangat dominan menyumbang penjualan moge Honda. Agustus 2017 saja, model yang menggunakan mesin 500 cc 2-silinder itu dikirimkan 89 unit.

Baca juga : Performa Jualan Moge Honda, Rebel 500 Jawara

Secara total, sejak Rebel 500 ditawarkan pada Februari 2017 lalu, AHM telah mengirimkannya ke diler sebanyak 218 unit. Itu berarti Rebel bekontribusi pada penjualan moge Honda 61,5 persen. Total moge Honda yang sudah terjual sepanjang delapan bulan pertama 2017 adalah 354 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com