Bekal AHM, Buat yang Mau “Trabas” Pakai Trail Honda

Kompas.com - 16/01/2018, 16:25 WIB
Test ride Honda CRF150L pada 14 - 15 November 2017. Astra Honda Motor (AHM)Test ride Honda CRF150L pada 14 - 15 November 2017.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi luncurkan anggota baru di segmen trail pada November 2017 lalu, CRF150L. Model ini melengkapi deretan produk sepeda motor yang dipasarkan di dalam negeri.

Model yang diproduksi di pabrik AHM Pegangsaan ini, didesain untuk bisa menerabas medan on dan off road. Ak‎ihiro Momiyama, Large Project Leader CRF150L pernah menjelaskan, kalau motor ini ditujukan buat pemula, sehingga membuka peluang lebih banyak kalangan untuk bisa mencicipi petualangan off-road.

Namun bagi yang ingin menjelajah jalur off-road, baiknya terus pantau performa motor. Lewat siaran resminya, Selasa (16/1/2018) AHM coba memberikan beberapa bekal, agar petualangan tetap aman dan nyaman.

Pelumas atau Oli

Bagi para off roader, buka tutup gas saat menerabas jalur menantang jadi langganan buat pencinta adventure, sesuai dengan kondisi jalan yang dilaluinya. Ini buat mesin bekerja lebih maksimal dan cepat panas, efeknya oli mesin mudah menguap.

Sarannya, baiknya gunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi seperti pada varian AHM Oil MPX-1 10W-30. Standar yang dikeluarkan AHM, setiap 4.000 km dianjurkan ganti oli. Meski begitu, stik level oli mesin mesti dicek rutin. Jika ada di batas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah.

Baca juga : Wahana Mulai Jual Aksesori Honda CRF150L

Test ride Honda CRF150L pada 14 - 15 November 2017.Astra Honda Motor (AHM) Test ride Honda CRF150L pada 14 - 15 November 2017.

Throttle Gas & Tuas Handle Kopling

Memainkan gas cukup sering dilakukan di dunia off road, membuat setelan throttle gas atau tuas gas jadi perhatian. Demi mendapat tarikan responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm.

Begitu juga untuk handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi yaitu kopling slip pada dunia off road maupun on road. Ini bisa dicegah dengan menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm, dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Rantai Roda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X