Rawat Busi Motor, Jangan Pakai Amplas dan Sikat Kawat

Kompas.com - 16/01/2018, 14:45 WIB
Busi motor Injeksi zona435412Busi motor Injeksi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Busi memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan roda dua, yakni memercikan api ketika terjadi proses pembakaran dalam mesin. Maka dari itu, kondisi dan kebersihan busi harus selalu bagus agar performa motor juga maksimal.

Sedianya, perawatan busi merupakan hal yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri oleh pemilik sepeda motor, tanpa harus pergi ke bengkel.

Baca juga : Konsekuensi dan Solusi Ketika Motor Salah Isi Bensin Pakai Solar

Sidik, teknisi dealer Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa bagian yang harus diperhatikan dari busi adalah ujungnya, yakni bagian elektroda tengah dan elektroda massa. Biasanya, pada bagian ini tampak berkerak atau berwarna hitam. Kerak tersebut merupakan dampak dari pembakaran.

"Bagian ini dibersihin dari kerak, kalau businya kotor. Tapi, jangan pakai amplas atau sikat kawat karena bisa mengikis busi (bagian elektroda tersebut)." kata Sidik saat ditemui, Selasa (16/1/2018).

Busi NGK buat PCXdok.NGK Busi NGK buat PCX
Ketika membersihkan bagian elektroda pada busi, Sidik menyarankan, menggunakan sikat gigi serta bensin. Caranya, bagian tersebut disiram bensin sedikit demi sedikit sambil disikat sampai bersih.

Baca juga : Modal Cuka, buat Usir Karat pada Tangki Bensin Motor

Namun, Sidik mengingatkan, busi tersebut jangan direndam ke bensin. Sebab justru akan mperpendek usia pemakaian busi karena bisa mengikis elektrodanya.

Jika sudah dibersihkan, lanjut Sidik, maka busi tersebut harus dikeringkan dengan menggunakan lap atau disemprot angin dari kompresor. Setlah itu pasang kembali ke motor. Sidik menyarankan, perawatan busi dilakukan semaksimalnya setiap 6.000 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X