Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCX Baru Tidak Bisa Langsung Pakai Aksesoris

Kompas.com - 16/01/2018, 14:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Pertengahan Desember 2017, Astra Honda Motor resmi memperkenalkan PCX model terbaru. Sebagian besar desain berubah. Selain itu dibanding model sebelumnya, dimensi PCX yang baru juga membesar. Walaupun cuma hitungan milimeter.

Perubahan ini ternyata berdampak terhadap aksesori "aftermarket". Sebab aksesori untuk PCX yang lama belum tentu cocok digunakan di PCX yang baru. Hal itulah yang diungkapkan Toni, seorang mekanik Planet Motorsport, salah satu toko aksesori di kawasan Otista, Jakarta Timur. Salah satu aksesori PCX lama yang disebut Toni tidak cocok dipasang di PCX baru adalah body protector.

Baca juga : Simak Spesifikasi Generasi Ketiga Honda PCX 150

"Harus benar-benar diperhatikan, mau dipasang di PCX lama atau PCX yang baru nih? Karena bodinya beda ," ujar Toni saat ditemui KompasOtomotif, Selasa (16/1/2018).

Satu unit Honda PCX model lama yang sudah dipasangi aksesori body protector. KompasOtomotif/Alsadad Rudi Satu unit Honda PCX model lama yang sudah dipasangi aksesori body protector.

Selain body protector, Toni menyebut aksesori lain yang tidak cocok dipasang antara PCX yang lama dengan yang baru adalah jok variasi. Karena ada perubahan dudukan baut. Sehingga jok variasi untuk PCX lama tidak akan pas dipasang di PCX baru.

"Biar lebih aman sebaiknya kalau mau pasang aksesori bawa motornya langsung," ujar Toni.

Jok variasi yang terpasang di salah satu unit Honda PCX model lama di pusat aksesori motor di kawasan Otista, Jakarta Timur, Selasa (16/1/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Jok variasi yang terpasang di salah satu unit Honda PCX model lama di pusat aksesori motor di kawasan Otista, Jakarta Timur, Selasa (16/1/2017).

Belum tentu cocoknya aksesori milik PCX lama dipasang di PCX baru ini hendaknya diperhatikan oleh para pembeli online, ataupun pembeli yang memesan barang tanpa langsung membawa motornya ke tempat penjualan. Sebab jangan sampai aksesori yang sudah dibeli menjadi mubazir karena tidak bisa dipakai. Apalagi penjual aksesori biasanya tidak menerima pengembalian atau pergantian barang yang sudah dibeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com