Modikasi Motor Jangan Korbankan Kenyamanan

Kompas.com - 14/01/2018, 18:33 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotif — Kondisi kontur jalan di Indonesia harus diakui belum sepenuhnya merata dengan baik. Masih banyak kawasan tertentu yang kontur jalannya berlubang bahkan cenderung rusak parah. Mungkin ada di antaranya yang sering kita lintasi sehari-hari.

Memahami kontur jalan yang dilalui ini ternyata juga penting sebelum memodifikasi. Saran itulah yang disampaikan General Manager Aftersales and Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Muhammad Abidin. Menurut Abidin, pada dasarnya sepeda motor standar pabrik dirancang untuk mengakomodir kenyamanan berkendara semua orang dan tahan banting di berbagai kondisi jalan.

"Jadi sudah ditentukan beban maksimalnya untuk bisa dan reliable digunakan di jalan raya Indonesia yang sangat beragam kondisinya," kata Abidin kepada KompasOtomotif, Jumat (12/1/2017).

Sebuah Yamaha Aerox yang sudah dimodifikasi menjadi monoshockDipo Motorsport Sebuah Yamaha Aerox yang sudah dimodifikasi menjadi monoshock

Karena sudah dirancang untuk tahan banting, Abidin mengatakan, ketahanan tersebut tentu akan berkurang jika ada bagian yang diubah. Apalagi, jika suku cadang pengganti menggunakan kualitas yang rendah. Jika suku cadang tidak dipasang dengan cara yang tepat dan ditambah digunakan di kontur jalan yang buruk, tentu hal itu berpotensi menyebabkan masalah pada sepeda motor.

Karena itu, Abidin menyarankan pengguna motor untuk memodifikasi motor dengan bijak. Jika memang akan digunakan untuk harian, mempertimbangkan kontur jalan tentunya penting sebelum memodifikasi tunggangan.

"Saran kami, hindari beban berlebih saat berkendara, hindari jalan sangat berisiko dan terakhir modifikasilah yang bijak dan aman berkendara," ucap Abidin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.