Polisi Usul Ganjil-Genap Pelat Motor di Jalan Thamrin

Kompas.com - 13/01/2018, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Sepeda motor sudah diperbolehkan lagi melintas di Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Agar tidak terjadi peningkatan volume kendaraan yang signifikan, maka diusulkan untuk memberlakukan program ganjil-genap.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, menjelaskan, akan meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menerbitkan peraturan baru untuk membatasi motor melintas di jalur protokol.

"Saran kami kepada Gubernur DKI Jakarta, memberlakukan peraturan ganjil-genap sebagaimana berlaku pada mobil," ujar Halim seperti dilansir laman NTMCPolri, Sabtu (13/1/2018).

Menurut Halim, pencabutan larangan motor melintas di jalan tersebut, berpotensi menimbulkan kemacetan. Oleh sebab itu dibutuhkan aturan baru yang sifatnya untuk mengurai kemacetan.

Baca juga: Polisi Menyayangkan Pencabutan Larangan Motor Melintas di Thamrin

"Sementara mungkin di daerah Thamrin dan Bundaran HI dulu," kata Halim.

Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto pun mengatakan hal serupa ketika dihubungi KompasOtomotif belum lama ini.

Menurut dia, harus ada peraturan baru untuk mengurai kemacetan di jalur protokol tersebut. "Kemungkinan untuk terjadi kemacetan cukup tinggi, kalau sekarang belum karena masih banyak yang belum tahu, tetapi nanti ke depan bisa jadi," kata Budiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.