Kompas.com - 13/01/2018, 07:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunumkan tercatat ada  1.293 unit mobil mewah dengan harga di atas Rp 1 miliar, belum membayar pajak hingga akhir 2017. Lebih detail, 744 unit atas nama pribadi, dan 549 unit menggunakan nama badan.

Deretan mobil mewah itu seperti merek Lamborghini, Ferrari, Rolls Royce, Aston Martin, McLaren, Bentley, Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Audi, Maserati, Cadillac, dan Land Rover.

Pemilik mobil itu yang menggunakan nama pribadi nilai tunggakan pajak sekitar Rp 26,1 miliar, dan atas nama badan mencapai Rp 18,8 miliar, sehingga total orang kaya yang menunggak pajak kendaraan bermotor tembus Rp 44,9 miliar.

Ketika dimintai keterangan mengenai tunggakan pajak mobil mewah ini, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Edi Sumantri tidak menggubris sambungan telepon KompasOtomotif.

Baca juga: Tunggakan Pajak 1.293 Mobil Mewah di Jakarta Nilainya Rp 44,9 Miliar

Lamborghini Club IndonesiaAditya Maulana, KompasOtomotif Lamborghini Club Indonesia

Edi hanya mengirim pesan singkat dan meminta KompasOtomotif menghubungi Yuandi Bayak Miko, Kepala Bidang Renbang BPRD DKI Jakarta. Sama seperti Edi, Yuandi pun tidak merespons telepon dan pesan singkat KompasOtomotif.


Lebih lanjut, Anies meminta kepada wajib pajak untuk segera melunasi tunggakan pajak kendaraan miliknya. Akhir 2017, BPRD dan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan kegiatan razia door to door kepada wajib pajak, khususnya pemilik mobil mewah untuk membayar tunggakannya.

Baca juga: Pajak Tinggi, Jualan Mobil Mewah Makin Susah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.