Kompas.com - 11/01/2018, 11:25 WIB
Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX. KompasOtomotif/Alsadad RudiSalah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotif - Jok merupakan salah satu bagian pada sepeda motor yang cukup mudah untuk diubah. Cukup banyak jasa modifikasi jok yang menawarkan ubahan agar jok terlihat beda, termasuk jok untuk Yamaha NMAX dan XMAX. Dari segi ukuran, jok kedua motor tersebut dianggap sama sehingga turut berpengaruh ke harga jasa modifikasinya.

Penelusuran KompasOtomotif di berbagai jasa modifikasi jok yang ada di kawasan Jakarta Selatan, jasa modifikasi jok NMAX atau XMAX berkisar dari mulai Rp 200.000 hingga Rp 800.000. Besar kecilnya harga tergantung dari model.

Baca juga : Hindari Pasang Jok Tambahan untuk Anak di Skutik

Salah satu jasa modifikasi jok yang menawarkan ubahan jok NMAX atau XMAX adalah bengkel jok milik Alfian di kawasan Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di tempat Alfian, modifikasi jok NMAX atau XMAX yang paling murah biasanya adalah yang hanya mengganti kulit tanpa mengubah permukaan jok.

Harga mulai naik jika permukaan jok dibuat dengan model bertingkat, dan semakin mahal jika ditambah dengan model sandaran pada bagian belakang tempat duduk boncenger.

"Karena tingkat kesulitan dalam pembuatan juga menentukan harga," kata Alfian saat ditemui KompasOtomotif, Rabu (10/1/2017).

Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.modifika_nmax Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.

Selain di berbagai tempat yang bertebaran di banyak tempat di Jakarta, pemilik NMAX atau XMAX yang ingin mengubah tampilan joknya juga dapat membeli secara online. Sebab cukup banyak lapak-lapak online aksesori sepeda motor yang bisa ditemui di Instagram, di antaranya seperti pada akun aksesoris.nmax ataupun modifika_nmax.

Namun bila melalui cara online ini, jok modifikasi yang ditawarkan adalah jok jadi siap pasang. Jadi bukan jok asli yang diubah. Sehingga harganya pun bisa lebih mahal. Harga paling mahal jok siap pasang bisa mencapai Rp 1,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.