Yamaha MX King Masih Rajanya Bebek Sport

Kompas.com - 11/01/2018, 09:02 WIB
MX King warna dan grafis baru. IstimewaMX King warna dan grafis baru.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Meski kontribusinya hanya sekitar 2,28 persen dari total pasar di 2017, segmen bebek sport masih punya peminat. Bahkan, pertempurannya juga cukup sengit, antara Yamaha, Suzuki dan Honda.

Sayangnya, secara total tahun ini kategori bebek sport, yang anggotanya Yamaha MX King, Suzuki Satria 150, Honda Supra GTR 150 dan Honda Sonic harus terkoreksi sampai 24,67 persen, cukup signifikan. Walaupun memang secara keseluruhan pasar roda dua dalam negeri juga belum memberikan kabar baik.

Dari keempat model tersebut, Yamaha MX King masih bertengger di posisi terlaris, dengan total distribusi satu tahun penuh sampai 62.55 unit atau negatif 9,06 persen dari 2016. Jika dibanding dengan rekannya yang lain, penurunannya paling kecil.

Menyusul di posisi kedua ada bebek sport bergaya “ayam jago” Honda Sonic dengan perolehan 34.137 unit, turun 9,44 persen. Jika goal Sonic untuk melibas Suzuki Satria Honda bisa dibilang sukses, tapi kalau untuk merebut takhta MX King di segmen bebek sport, masih jauh dari cukup.

Baca juga : Digempur Kanan-Kiri, Yamaha MX King Masih Kokoh Jadi ?Raja?

Bebek sport 2017 (diolah dari data AISI).Ghulam/KompasOtomotif Bebek sport 2017 (diolah dari data AISI).

Selanjutnya membuntuti di belakang Sonic ada rekan satu mereknya yaitu Supra GTR 150 dengan perolehan 22.536 unit. Penurunan distribusinya sampai dua digit atau mencapai 30,62 persen, padahal pada 2017 Supra dijual satu tahun penuh dibandingkan dengan 2016 lalu, yang dimulai dari Mei.

Kemudian ada Suzuki Satria yang harus tercecer di posisi terakhir, padahal dalam beberapa tahun dirinya menikmati pasar ini dengan bermain sendirian. Setelah hadir MX King, Sonic dan Supra GTR, perolehanya semakin terperosok.

Sepanjang 2017 Satria hanya terdistribusi sampai 15.186 unit saja, padahal tahun lalu bisa mencapai 39.465 unit. Tidak tanggung-tanggung, penurunannya menyentuh 61,52 persen.

Tahun 2017 sudah berlalu dan kini masuk ke lembaran baru di 2018, bagaimana pertarungan segmen ini ke depannya, menarik untuk diikuti terus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X