Kompas.com - 10/01/2018, 16:23 WIB
Angkutan kota (Angkot) ber-AC yang menjadi pilot project dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) tersebut bertrayek 02 rute Pondok Gede-Terminal Bekasi yang dimiliki oleh pasangan Darisman (46) dan Rosi (47), di Bekasi, Selasa (4/7/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahAngkutan kota (Angkot) ber-AC yang menjadi pilot project dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) tersebut bertrayek 02 rute Pondok Gede-Terminal Bekasi yang dimiliki oleh pasangan Darisman (46) dan Rosi (47), di Bekasi, Selasa (4/7/2017).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Angkutan Umum berlaku tiga tahun sejak diundangkan pada Februari 2015. Itu berarti mulai bulan depan angkutan umum baru punya kualitas spesifkasi semakin tinggi.

Apa saja spesifikasi wajib menurut aturan yang ditandatangani Menteri Perhubungan saat itu, Ignasius Jonan? Aturan yang paling terkenal adalah angkutan umum harus memiliki sistem pengatur suhu alias AC yang dinyalakan 20°C - 22°C, tetapi sebenarnya bukan hanya itu.

Angkutan kota (Angkot) ber-AC yang menjadi pilot project dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) tersebut bertrayek 02 rute Pondok Gede-Terminal Bekasi yang dimiliki oleh pasangan Darisman (46) dan Rosi (47), di Bekasi, Selasa (4/7/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Angkutan kota (Angkot) ber-AC yang menjadi pilot project dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) tersebut bertrayek 02 rute Pondok Gede-Terminal Bekasi yang dimiliki oleh pasangan Darisman (46) dan Rosi (47), di Bekasi, Selasa (4/7/2017).

Aturan baru itu mengatur tentang jam istirahat pengemudi, yaitu paling lama 15 menit setelah berkendara 2 jam. Pada kendaraan wajib terdapat pegangan penumpang berdiri, alat pembatas kecepatan, sabuk keselamatan dua titik untuk semua tempat duduk, jok busa, dan tempat sampah,

Bukan hanya itu, selama berkendara pintu kendaraan harus tertutup yang berarti bagus buat menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang. Aturan lainnya, ban depan kendaraan tidak boleh vulkanisir dan dilarang merokok.

Baca: Rancangan Angkot Modern Versi Desainer Digital

Semua aturan itu berlaku untuk angkutan antarlintas batas negara (ALBN), angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), angkutan perkotaan, dan angkutan pedesaan.

Permenhub Nomor 29 Tahun 2015 merupakan perubahan atas Permenhub 98 Tahun 2013 yang sama-sama membahas tentang standar pelayanan minimal angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.