Kompas.com - 10/01/2018, 13:58 WIB
Tampak satu angkot ber-AC yang beroperasi di Bekasi, ditampilkan pada acara Kementerian Perhubungan di Silang Barat Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2017). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan semua angkot harus sudah ber-AC paling lambat Februari 2018 mendatang. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Tampak satu angkot ber-AC yang beroperasi di Bekasi, ditampilkan pada acara Kementerian Perhubungan di Silang Barat Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2017). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan semua angkot harus sudah ber-AC paling lambat Februari 2018 mendatang.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kabar soal aturan baru buat angkutan perkotaan alias angkot rupanya mengelitik tangan banyak desainer digital mencoba menghasilkan karya imaji. Interpretasinya beragam, ada yang memilih Calya, Avanza, Mobilio, bahkan Alphard sebagai basisnya.

Sebagian hasil digital angkot modern itu bisa dilihat pada unggahan Instagram yang bermunculan selama sebulan terakhir. Bahkan satu desainer ada yang membuat sampai dua-tiga desain angkot modern.

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JA (@jadigimods) pada 3 Jan 2018 jam 5:40 PST

Aturan baru sebenarnya bukan hanya untuk angkot, tapi pemerintah lewat Kementerian Perhubungan berusaha mengubah desain angkutan umum di Indonesia. Itu berarti termasuk Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan angkutan pedesaan.

Baca: "Juragan Angkot" Bebas Pilih Merek Mobil, Asal...

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @abimanyuswasdoyo_ pada 30 Des 2017 jam 8:25 PST

Dasarnya lewat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015. Beberapa poin yang ada di dalamnya yaitu mengatur angkutan umum harus punya sabuk pengaman, pemecah kaca, pintu harus tertutup saat jalan, kabin ber-AC, dan dilarang merokok.

Walau tidak semua desain digital angkot terlalu mengadopsi aturan baru itu, setidaknya bisa membantu kita membayangkan prediksi angkot masa depan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.