Atasi Getar Vespa Non I-Get, dari Cara yang Murah Hingga Mahal - Kompas.com

Atasi Getar Vespa Non I-Get, dari Cara yang Murah Hingga Mahal

Kompas.com - 09/01/2018, 10:45 WIB
Suasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)

 

Jakarta, KompasOtomotif - Vespa- vespa modern yang belum menggunakan teknologi mesin Italian Green Experience Technology (I-Get) memiliki penyakit getar. Masalah ini kerap muncul saat motor dibawa dalam kecepatan di RPM rendah, terutama saat kondisi jalanan macet.

Kendati demikian, ada berbagai cara untuk menghilangkan penyakit ini. KompasOtomotif merangkum berbagai masukan dari para mekanik, dari mulai bengkel resmi Piaggio Indonesia hingga bengkel spesialis Vespa umum lainnya, serta dari biaya yang paling murah hingga yang paling mahal.

Baca juga : Vespa Sprint dan Primavera Jadi Minim Getaran

 

Berikut cara-cara tersebut:

1. Ganti Satu Set Kampas Kopling

Techinical Training Manager dari Piaggio Indonesia Yudi Riswanto mengatakan, problem getar ini bisa diatasi dengan pergantian satu set kampas kopling. Namun pemilik tidak perlu harus mengganti rumah kopling. Yudi menilai cara ini bisa mengatasi masalah getar saat motor dibawa dalam kecepatan rendah.

Sebagai contoh untuk tipe Primavera 150, saat ini harga satu set kampas kopling di bengkel resmi Vespa berkisar Rp 1,29 juta.

Suasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)

2. Ganti Roller

Selain mengganti satu set kampas kopling, salah satu cara untuk menghilangkan penyakit getar pada vespa modern non I-Get biasanya juga dibarengi dengan pergantian roller yang lebih ringan. Cara ini biasanya dilakukan di bengkel spesialis Vespa umum. Bila ditambah pergantian roller biasanya biayanya berkisar Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta.

Salah satu bengkel Vespa yang bisa menangani cara ini adalah Scooter Layur di Jalan Layur No.88, Rawamangun, Jakarta Timur.

Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImurGhulam/Otomania Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImur

3. Ganti CVT

Cara terakhir ini merupakan yang paling mahal, yakni melakukan pembaruan penuh pada bagian continous variable transmission (CVT). Total biasa yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 3-5 juta. Cukup banyak CVT satu set "aftermarket" yang beredar di pasaran, di antaranya merek Malosi dan Pollini. Untuk pemasangannya bisa dilakukan di bengkel-bengkel spesialis Vespa umum.

Salah satu pemilik Vespa yang sudah melakukan cara ini adalah Gembit, seorang pemilik Vespa Sprint tahun 2015. Untuk menghilangkan getaran pada tunggangannya, Gembit mengganti satu set CVT bawaan asli Vespa dengan CVT merek Pollini yang dibelinya seharga Rp 3,5 juta. Setelah pergantian ini, Gembit menyebut getaran pada motornya hilang. Bahan bakarpun menjadi lebih hemat.

Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik


EditorAzwar Ferdian

Komentar
Close Ads X