Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ini Bisa Terhindar dari Modus Pencurian Pecahkan Kaca Mobil?

Kompas.com - 06/01/2018, 14:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Masyarakat khususnya pengguna mobil harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, atau tempat terbuka lainnya. Sebab, belakangan ini marak lagi modus pencurian dengan memecahkan kaca.

Kepala Unit III Subdit Resmob Ditreskrim Polda Metro Jaya Agung Wibowo, pun pernah mengimbau agar lebih berhati-hati, dan tidak menyimpan barang berharga di dalam mobil ketika sedang parkir.

Menurut informasi, salah satu cara terhindar dari modus pencurian tersebut, yaitu ketika parkir kaca samping paling tidak dibuka satu sentimeter, agar ada sirkulasi udara, dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

Lantas, apakah cara seperti itu benar? Beberapa waktu lalu, KompasOtomotif mencoba menghubungi Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), menurut dia tidak bisa dipastikan 100 persen, sebab belum pernah mencoba langsung.

Baca juga: Perlu Tersedia Palu Pemecah Kaca di Mobil

"Mungkin sama saja seperti halnya merobekan kertas, tetapi sebelahnya tidak ada yang pegang, Mungkin, karena belum lihat dan coba langsung," kata Iwan beberapa waktu lalu.

Jadi, cara seperti itu belum bisa dipastikan kebenarannya. Menurut Iwan, tergantung juga seberapa kencang dan tajak benda yang digunakan oleh pencuri.

Alangkah baiknya, buat pemilik mobil jangan menyimpan barang berharga di dalam mobil, apalagi ketika parkir. Walaupun hanya sebentar, sebaiknya dibawa saja demi keamanan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com