Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hormati Pengendara Lain, Ini Etika Saat Berkonvoi

Kompas.com - 05/01/2018, 12:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Komunitas pecinta kendaraan hampir dapat dipastikan selalu mengadakan kegiatan konvoi di jalan raya. Kegiatan ini kerap melibatkan kendaraan dalam jumlah banyak.

Salah satu komunitas yang juga kerap mengadakan konvoi adalah para pecinta Vespa yang menamakan diri Kutu Community. Ditemui KompasOtomotif pada Senin (1/1/2018), Kapten Kutu Community Sentot Soe menyadari kegiatan konvoi kerap memunculkan persepsi arogan di mata masyarakat.

Baca juga : Begini Etika yang Baik Saat Turing

Untuk menghilangkan persepsi tersebut, Sentot menyatakan mengedepankan etika berkendara yang baik dan sopan wajib dilakukan para anggota komunitas. Salah satunya adalah saat "blocking" jalan.

Astra Motor Yogyakarta ajak komunitas CB150R turing ke Teluk PenyuAMY Astra Motor Yogyakarta ajak komunitas CB150R turing ke Teluk Penyu

Menurut Sentot, saat "blocking", sudah seharusnya anggota komunitas menunjukan rasa hormat pada pengendara lain. Seperti menunjukan gestur salam.

"Misalnya kasih salam, kasih hormat, dan acungin jempol sebagai rasa terima kasih.  Tunjukan rasa simpati juga ke pengendara yang lain," kata Sentot.

Selain itu, Sentot menyatakan mentaati rambu dan segala peraturan lalu lintas. Jangan sampai karena sedang beramai-ramai, para anggota komunitas bisa seenaknya sendiri. Sebab hal inilah yang bisa memunculkan rasa dongkol bagi para pengendara jalan yang lain.

Baca juga : Turing Komunitas jangan Ganggu Pengguna Jalan Lain

"Berkendara lah dengan tertib, Jangan ugal-ugalan, jangan arogan. Jadi riding yang cantik, rapi, semua kelengkapan harus ada," ucap Sentot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com