Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Cerita Benar CRF150L yang Terbakar dan Viral

Kompas.com - 04/01/2018, 17:15 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dunia roda dua Tanah Air baru-baru ini ramai membahas soal Honda CRF150L yang terbakar. Video singkatnya sempat viral di media sosial, yang pertama kali diunggah oleh akun instagram @roda2blog.

Dalam caption videonya, sepeda motor disebut sudah mengalami modifikasi dan sudah diganti karburatornya. Kronologi singkat motor terbakar juga disebut karena kebocoran pada karburator tersebut, bensin keluar dan menyambar kabel busi yang sobek.

Coba menelusuri, KompasOtomotif akhirnya menemukan pemilik sepeda motor yang terbakar tersebut melalui akun instagram @trailkabutsalju dan coba menanyakan soal kronologi kejadian. Punya nama lengkap Andy Rakhman (sesuai di profile intagram), menyebut kalau tragedi tersebut terjadi bukan karena modifikasi ataupun kesalahan pabrikan.

Andy Rakhman bersama dengan CRF150L miliknya yang sempat terbakar dan viral.Istimewa Andy Rakhman bersama dengan CRF150L miliknya yang sempat terbakar dan viral.
“Awalnya motor CRF saya membutuhkan tenaga tambahan untuk terjun ke sirkuit, jadi saya memodif sistem pembakaran dan kelistrikan, demi menghasilkan torsi yang maksimal, memakai karbu PE-28 dan kelistrikan CDI Racing. Adapun blok mesin, saya perbesar diameternya dan camshaft saya ubah untuk putaran maksimal,” ujar Andy kepada KompasOtomotif, Kamis (4/1/2018).

Baca juga : Viral, Motor Diduga Honda CRF150L Terbakar

Andy menuturkan kalau mekanik yang memodifikasi punya pengalaman dan tak asal mengerjakan proyek sepeda motornya. Jadi lanjut Andy, tragedi tersebut murni karena human eror ketika mengisi bahan bakar secara manual.

“Tidak asal, mekanik saya handal dan sudah terbukti di sirkuit sentul sering naik podium. Kejadian terbakarnya motor saya tepat setelah motor baru jadi. Tidak ada karburator bocor atau kabel busi bocor atau bensin bocor apalagi motor terjatuh,” ujar pria yang menekuni bisnis toko sport dan warung makan tersebut.

“Api muncul setelah saya mengisi bensin dengan  cara manual, dan bensin terjatuh menetes ke dinamo starter. Seketika itu api kemudian muncul dari situ, dan tidak ada kesalahan dari modifikasi apalagi dari pabrikan Honda sendiri,” kata Andy.

“Hasil modifikasinya, mesin CRF saya sekarang sangat kencang dan mendapatkan modifikasi yang diinginkan. CRF sangat memuaskan tapi kalau turun ke sirkuit kan butuh power yang maksimal, semua pabrikan kalau mau turun ke sirkuit pasti ada modifikasi,” ucap Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com